ADVERTISEMENT

ASDP Tambah Kapal Lintas Merak-Bakauheni jadi 40 Unit untuk Antisipasi Puncak Arus Mudik

Jumat, 29 April 2022 15:40 WIB

Share
Ilustrasi, kondisi antrean kendaraan di dermaga Pelabuhan Merak. (foto: ist)
Ilustrasi, kondisi antrean kendaraan di dermaga Pelabuhan Merak. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) mengklarifikasi pihaknya tidak pernah menjanjikan pengoperasian 69 kapal di Merak-Bakauheni pada layanan Angkutan Lebaran Tahun 2022.

"ASDP tidak pernah menjanjikan pengoperasian 69 kapal di Merak-Bakauheni pada layanan Angkutan Lebaran Tahun 2022 karena bukan sebagai pihak yang berwenang dalam pengaturan dan penjadwalan kapal," kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin, dalam keterangannya kepada Poskota.co.id, Jumat 29 April 2022.

Shelvy menegaskan, pengaturan dan penjadwalan kapal yang beroperasi di lintas penyeberangan Merak-Bakauheni adalah kewenangan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan selaku regulator. "Di mana untuk di Pelabuhan Banten berada di bawah koordinasi BPTD Wilayah VIII Provinsi Banten," ujarnya.

Adapun jumlah 69 unit kapal yang disebutkan merupakan total kapal yang disiagakan di lintasan Merak-Bakauheni yang didominasi milik swasta. ASDP sendiri hanya memiliki 8 unit kapal yang beroperasi di lintasan tersibuk di Pulau Jawa ini.

"Di mana dalam kondisi normal dioperasikan sebanyak 29 unit kapal di Pelabuhan Merak. Adapun saat Angkutan Lebaran 2022 ini, dilakukan penambahan kapal yang beroperasi harian, menjadi 40 unit," imbuh Shelvy.

Upaya penambahan kapal, lanjutnya, dilakukan untuk mengurai antrean yang terjadi di Pelabuhan Merak pada periode Mudik Angkutan Lebaran 2022.

Selain penambahan kapal, ASDP juga melakukan sejumlah langkah antisipasi untuk menghadapi antrean signifikan saat puncak arus mudik.

"ASDP mengoptimalkan pengoperasian kapal berukuran di atas 10.000 GRT, percepatan waktu bongkar muat (port time) dan juga pengoperasian dermaga 1 Merak pascaperbaikan yang dilakukan untuk mendukung peningkatan produksi penyeberangan," pungkasnya. 

Klarifikasi itu disampaikan Shelvy terkait pemberitaan soal upaya ASDP Merak menghadapi serbuan truk pada arus mudik Lebaran 2022.

Sebelumnya diberitakan, jelang Idulfitri 1443 H, PT. ASDP Cabang Merak nampaknya tidak berdaya menghadapi serbuan truk angkutan barang serta kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheuni, Lampung.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT