ADVERTISEMENT

Lho Kok Bisa? Puluhan Barang Bawaan Pemudik Tertinggal di Stasiun Kereta, KAI Tidak Bertanggung Jawab

Kamis, 28 April 2022 18:58 WIB

Share
Petugas KAI menemukan sejumlah barang penumpang kereta yang tertinggal saat mudik di stasiun. (Ist)
Petugas KAI menemukan sejumlah barang penumpang kereta yang tertinggal saat mudik di stasiun. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengamankan puluhan barang pemudik yang tertinggal di lingkungan stasiun maupun kereta. Hal ini disebabkan tingginya volume pada masa angkutan mudik lebaran 1443 Hijriah.

"Pada periode angkutan lebaran 22 April hingga kini tercatat sebanyak 35 barang tertinggal berhasil diamankan petugas yang telah di masukan pada database sistem Lost and Found," ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalan keterangan yang diterima Poskota.co.id, Kamis (28/4).

Eva mengatakan, dari jumlah tersebut 16 diantaranya sudah kembali ke pemilik. Barang tertinggal yang ditemukan tak jarang merupakan jenis barang berharga seperti Laptop, HP, Perhiasan, Koper/Tas, Jam Tangan dan Dompet.

Eva menyarankan, bagi para pelanggan KA yang merasa kehilangan atau barang yang tertinggal dilingkungan stasiun untuk dapat melaporkan kepada petugas.

 

"Dapat melaporkan kepada petugas antara lain Kondektur yang sedang berdinas di atas KA, ataupun petugas pengamanan Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121," ucapnya.

Menurut Eva, seluruh barang bawaan merupakan tanggung jawab penumpang, namun untuk memberikan layanan maksimal petugas keamanan akan selalu berupaya membantu mengamankan barang tertinggal yang masih ada di atas KA atau Stasiun.

Tak hanya itu, kata Eva, petugas pengamanan stasiun selalu melakukan pemeriksaan secara berkala di area-area ruang tunggu dan di atas KA, terlebih pada saat KA tiba di stasiun tujuan akhir.

"Petugas akan melakukan pengecekan disetiap rangkaian untuk memastikan tidak ada barang bawaan penumpang yang tertinggal," tandasnya.

Diketahui, berdasarkan catatan KA, di masa mudik Lebaran tahun 2022 kali ini terdapat peningkatan yang tinggi untuk jumlah penumpang yang menggunakan jasa kereta api (KA). Tercatat untuk jadwal keberangkatan 22 April s.d 1 Mei 2022 terdapat sekitar 320 ribu tiket yang sudah terjual dengan tanggal keberangkatan favorit  27, 28, 29, 30 April dan 1 Mei 202. (CR01)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT