ADVERTISEMENT

Emilia Nova, Atlet Perempuan Pertama Pembawa Bendera Indonesia di Ajang SEA Games

Kamis, 28 April 2022 16:26 WIB

Share
Atlet pelari gawang Indonesia, Emilia Nova (foto/NOC Indonesia)
Atlet pelari gawang Indonesia, Emilia Nova (foto/NOC Indonesia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Atlet pelari gawang, Emilia Nova mendapat kehormatan ditnjuk sebagai pembawa bendera Merah Putih pada defile kontingen di Opening Ceremony SEA Games 2021.

Dengan penunjukkan Emilia ini, dia resmi menjadi perempuan pertama pembawa bendera pertama Kontingen Indonesia di ajang SEA Games.

Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry Kono menjelaskan pemilihan Emilia sebagai pembawa bendera dikarenakan rekam prestasi sang atlet.

“Kami memilih Emilia menjadi flag bearers Kontingen Indonesia. Ia berprestasi, dan terpenting adalah kami ingin membuktikan kami sangat concern dan mengedepakan gender equality. Kami memosisikan atlet putra dan putri memiliki hak dan kesempatan yang setara,” kata Ferry.

Emilia merupakan atlet berprestasi dari cabang olahraga atletik. Ia merupakan peraih medali perak SEA Games 2017 Kuala Lumpur, medali perak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, serta medali emas 2019 SEA Games Filipina. 

Panitia penyelenggara SEA Games Vietnam (VIESGOC) sudah merilis aturan parade defile. Setiap negara dibatasi hanya boleh membawa 31 partisipan, terdiri dari CdM, pembawa bendera, atlet, pelatih dan official.

“Tidak semua kontingen ikut defile, sehingga kami memprioritaskan parade defile diikuti cabor yang bertanding setidaknya pada 14 April untuk menjaga kondisi tubuh atlet-atlet kami sehingga tidak kelelahan saat mereka harus bertanding,” kata Ferry.

Sementara itu, Emilia mengaku bangga bisa mendapat kepercayaan menjadi pembawa bendera di SEA Games 2021.

“Saya tidak menyangka karena kan banyak banget atlet Indonesia lain yang berprestasi. Tiba-tiba kok saya mendapat tawaran untuk membawa bendera,” ungkap Emilia.

“Tentu ini kebanggaan untuk saya. Apalagi setelah saya baru pulih dari cedera, ibaratnya ajang ini menjadi comeback saya. Semoga dengan terpilihnya saya juga bisa memberikan semangat sehingga saya bisa memberikan prestasi lebih baik lagi untuk Indonesia," tambahnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Hutomo Prayoga
Editor: Hutomo Prayoga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT