Nostalgia Kue Lebaran Tempo Doeloe

Rabu, 27 April 2022 06:30 WIB

Share
Nostalgia Kue Lebaran Tempo Doeloe
Pembuatan kue kering. (foto: poskota/ahmad tri hawaari)

LEBARAN apa yang paling berkesan bagi sebagian orang, terutama anak-anak? Kue lebaran, karena yang biasanya nggak ada di hari hari biasa, akan nongol di hari Raya. Misalnya kita lihat saja di satu daerah, katakan di Betawi, di situ ada dodol ketan, geplak, kacang bawang, kembang goyang dll.

Dodol dan lainnya kayaknya sudah biasa ya, karena itu banyak dijual, apalagi jika piknik ke luar kota, daerah Jawa Barat. Tapi dodol yang disebut dari Betawi in beda, Cing! Dibuat dengan sedemikian rupa, dengan bahan tepung beras ketan dan kelapa, gula jawa lalu diolah.

Cara membuatnya juga nggak sembarangan, yakni dengan tenaga lelaki muda. Kenapa? Ya, karena dibutuhkan tenaga yang sangat kuat. Bisa dibayangkan, jika adonan ketan yang sudah dicampur gula merah dan santan akan menjadi sangat kuat. Jadi bukan sembarang tenaga yang mengaduk-aduk, tetapi harus tenaga lelaki muda.

Untuk membuat atau mengolah makanan yang lain, bisa dilakukan oleh emak-emak. Biasanya kalau lagi buat kue, itu dapur bisa penuh oleh keluarga, dari ibu sampai anak-anaknya yang sudah perawan bisa nimbrung membantu. Ada yang membersihkan kulit ari kacang tanah, yang bakalan digoreng jadi kacang bawang, ada ikut memilin-milin adukan terigu dan mentega. Nanti kalau sudah jadi betapa renyahnya, dan sangatlah bangga jika itu makanan dibuat sendiri. Bukan begitu?

O iya, ini barangkali satu kue jajanan sangat sangat unik, yakni ‘kembang goyang’.  Bagi masyarakat Betawi kalau belum bikin kembang goyang kayaknya nggak lengkap.

Bagaimana cara membuatnya? Apakah sambil bergoyang? Ah,Cuma tangannya yang bergoyang. Dengan cetakan sedemikian rupa emak-emak menggoyang cetakan yang sudah dicelupkan ke adonan, lalu digoyang-goyang di dalam minyak goreng panas di penggorengan. Lalu jadilah kembang goyang. Juga nggak semua orang bisa lho, menggoyang cetakan kembang goyang?

Apalagi di zaman now, yang ada anak-anak gadis yang ‘goyang’ di Tik Tok. Ah, sudahlah. Memang bukanlah massanya mereka. Sekarang kan semuanya bisa didapat di toko atau lewat online? Apa saja ada. Yang penting punya fulus. Oke?   -massoes

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar