Dinkes Menemukan Makanan Takjil Berformalin yang Dijual di Sekitar Boulevard GDC Depok

Rabu, 27 April 2022 12:13 WIB

Share
Kawasan Alun-alun Kot Depok, di Jalan Boulevard GDC saat ramai pengunjung. (Foto: win)
Kawasan Alun-alun Kot Depok, di Jalan Boulevard GDC saat ramai pengunjung. (Foto: win)

DEPOK, POSKOTA.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menemukan makanan takjil berformalin setelah melakukan pemgawasan dan pemeriksaan sampel di area penjualan makanan takjil.

Makanan takjil berformalin itu ditemukan  setelah pemeriksaan yang dilakukan bekerja sama dengan Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Bogor.

Pengawasan dan pemeriksaan sampel dilakukan terhadap makanan takjil yang dijual di sekitar Jalan Boulevard  Grand Depok City (GDC) Depok, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok.

Kadinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan sebanyak 22 sampel makanan jajanan takjil yang dijual di sekitar area Jalan Boulevard Grand Depok City, yaitu enam diantaranya setelah di periksa mengandung positif menggunakan formalin.

"Setelah kita lakukan pemeriksaan terhadap 22 sampel makanan, ditemukan positif formalin pada enam sampel," ujar Mary kepada wartawan ketika dikonfirmasi, Rabu (27/4/2022).

Jenis makanan yang ditemukan positif formalin adalah tahu putih, tahu coklat, dan mie kuning basah.

"Makanan-makanan jenis tersebut kita dapatkan pada saat dibeli di pasar tradisional yaitu Pasar Pucung Raya, Pasar Kemiri, Pasar Cikema, dan Pasar Cibinong," ungkapnya.

Sementara itu Mary menuturkan terkait temuan tersebut, Dinkes sudah melakukan edukasi kepada penjual makanan jajanan untuk lebih selektif dalam memilih tahu yang dibeli. Serta mengganti mie kuning basah yang digunakan dengan mie telor. 

“Sudah kami sampaikan untuk lebih selektif dalam memilih bahan makanan dan tidak menggunakan bahan yang tahan lama karena mengandung bahan berbahaya,” tutupnya. (angga)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar