ADVERTISEMENT

Instagram Melakukan Perubahan Pada Sistem Algoritma, Bakal Batasi Konten dari Tiktok

Minggu, 24 April 2022 14:15 WIB

Share
illustrasi aplikasi Instagram (Foto: Pexels)
illustrasi aplikasi Instagram (Foto: Pexels)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sebagai salah satu media sosial yang sering digunakan, pamor dari aplikasi Instagram tidak perlu diragukan. Ragam fitur seperti Feeds, Reels, Video, Snapgram, hingga Live bisa digunakan.

Sebagai media sosial, Instagram dituntut selalu bersaing dalam beragam aspek, terutama dengan pesaing terdekat mereka yaitu, Tiktok. Sebagai bentuk kompetisi, baru-baru ini Instagram melakukan perubahan pada sistem algoritma mereka untuk membatasi konten yang berasal dari Tiktok.

Perubahan algoritma Instagram 2022 sudah meluncur dengan Instagram yang akan lebih berfokus pada konten yang benar-benar orisinil, bukan hanya sekadar unggahan ulang (reupload). Informasi ini disebarkan oleh pimpinan Instagram, Adam Mosseri, berdasarkan laporan Gamebrott, Sabtu (23/4/2022).

Berdasarkan cuitan resmi di akun Twitter pribadinya @mosseri, perubahan algoritma Instagram 2022 dijelaskan konsekuensi jika melakukan reupload. Adam menegaskan bahwa akan ada beberapa indikator untuk menentukan rangking, seperti produk yang digunakan, produk spesifik, dan tingkat orisinalitas konten.

Instagram melakukan hal ini demi mendukung konten kreator di berbagai negara untuk tetap konsisten menciptakan konten yang orisinil.

“Para konten kreator adalah masa depan Instagram, dan kami harap mereka akan sukses dan mendapatkan haknya,” ujar Adam dalam keterangan video yang diunggah di akun Twitter pribadinya @mosseri.

Terkait tanggal peluncuran dan bagaimana perubahan algoritma Instagram ini bekerja, Adam belum memberikan penjelasan lebih lanjut.

Dengan adanya perubahan algoritma pada media sosial Instagram, dapat disimpulkan di masa depan pengguna Instagram akan jarang melihat konten reupload. (Widaksono Gasta Gasti)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT