ADVERTISEMENT

Polda Banten Bakal Terapkan Pola Hijau, Kuning, Merah Saat Arus Mudik Lebaran di Tol Maupun Pelabuhan Merak, Pengendara Diminta Pahami Artinya

Kamis, 21 April 2022 09:22 WIB

Share
Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto. (Ist)
Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten memprediksi akan ada 1,4 juta pemudik dan 300 ribu unit kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kota Cilegon.

Jumlah tersebut, lebih tinggi atau mengalami peningkatan sekitar 15 persen dari tahun 2019.

"Diprediksi ada 1,4 juta pemudik atau naik sekitar 15 persen dibanding arus mudik 2019. Tahun 2019 lalu sebanyak 933.000, tahun ini menjadi 1 juta lebih, itu kita berbicara data," kata Direktur Lalu Lintas Polda Banten Komisaris Besar Budi Mulyanto kepada wartawan pada Kamis, (21/4/2022).

Selain penumpang, Budi menambahkan begitu juga dengan kendaraan pribadi yang melintas di Tol Tangerang - Merak, diprediksi mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

 

"Pada tahun 2019, jumlah kendaraan yang melintas ke arah Pelabuhan Merak sebanyak 259.432 unit. Sedangkan tahun ini, diprediksi akan melintas 300.000 unit kendaraan menuju Pelabuhan Merak," tambahnya.

Budi menjelaskan adanya peningkatan jumlah pemudik di Pelabuhan Merak, Ditlantas Polda Banten mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan, maupun kemacetan, baik di Tol maupun di luar pelabuhan.

"Kita akan melakukan pola penanganan kemacetan dalam tiga situasi yaitu hijau, kuning, dan merah. Untuk situasi hijau kendaraan masuk Pelabuhan Merak normal. Untuk situasi kuning terjadi antrian kendaraan sampai dengan keluar Pelabuhan Merak. Sedangkan untuk situasi Merah Pelabuhan Merak padat, adanya antrian sampai dengan pintu tol Merak," jelasnya.

Lebih lanjut, Budi menambahkan kepolisian juga akan menyiapkan beberapa langkah untuk membantu pemudik mendapatkan BBM meski kendaraan masih terjebak di antrean panjang kemacetan di dalam tol.

"Jadi nanti jangan kaget, kalau ada  motor berseliweran, motor polisi sama motor jeriken untuk membawa BBM masuk ke dalam tol. BBM ini untuk kendaraan terjebak macet, jika macet parah di dalam tol," tambahnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Deny Zainuddin
Contributor: Rahmat Haryono
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT