ADVERTISEMENT

Tekan Angka Stunting, Pemkab Tangerang Buat Program 'Catin Kasep'

Senin, 18 April 2022 10:28 WIB

Share
Rapat Koordinasi Persiapan Kelas Catin Kasep. (Ist)
Rapat Koordinasi Persiapan Kelas Catin Kasep. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA. CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang terus berupaya menekan angka stunting di wilayahnya.

Salah satu  cara dengan memberikan pendampingan dan juga pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin (Catin) melalui program Calon Pengantin Kondisi Sehat Prima (Catin Kasep).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan, dr. Sri Indriyani, mengatakan pendampingan tersebut bertujuan untuk membentuk kesiapan lahir dan batin bagi catin sebelum melaksanakan pernikahan.

"Dengan tahapan pendampingan ini, nantinya catin akan diperiksa kesehatannya dengan pengecekan fisik dan juga tes laboratorium dan memastikan apakah ada permasalahan pada gizi atau tidak. Kami juga akan memberikan penyuluhan mengenai pencegahan stunting serta hal-hal apa saja yang diperlukan bagi seorang catin untuk mempersiapkan dirinya dalam menjalani pernikahan dan kehamilan," katanya, Senin (18/4).

 

Menurut dr. Indriyani, pendampingan tersebut dilakukan agar catin dapat melahirkan generasi bebas stunting dan juga sumber daya manusia yang berkualitas sehingga nantinya dapat menekan angka stunting, terutama di wilayah Kabupaten Tangerang.

Setelah mendapatkan pendampingan dari Dinkes, pada catin juga akan mendapatkan bimbingan persiapan mental untuk pernikahan dari Kementerian Agama (Kemenag).

"Nantinya jika para catin telah menyelesaikan tahap pendampingan dan juga pemeriksaan, mereka akan mendapatkan sertifikat yang nantinya dapat digunakan sebagai salah satu persyaratan melanjutkan ke tahapan yang berikutnya," pungkasnya.(Veronica Prasetio)

 

ADVERTISEMENT

Editor: Tri Haryanti
Contributor: Veronica Prasetio
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT