ADVERTISEMENT

75% Pemudik Lewat Darat, Kemacetan dan Kecelakaan Diprediksi Meningkat

Senin, 18 April 2022 16:38 WIB

Share
Ilustrasi mudik.
Ilustrasi mudik.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Anggota Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo mengingatkan pemerintah mengenai kemungkinan kemacetan parah dan peningkatan angka kecelakaan pada mudik Lebaran 2022. 

Hal ini seiring dengan peningkatan jumlah pemudik melalui jalur darat yang diprediksi mencapai 60,47 juta penumpang (75% dari total pemudik).

"Jumlah pemudik tahun ini diprediksi meningkat signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya karena ini adalah pertama kali pemerintah memperbolehkan mudik setelah pandemi Covid. Dari 79,4 juta pemudik tahun ini, sekitar 75%-nya (60,47 juta pemudik) akan menggunakan transportasi darat," kata Sigit dalam keterangan tertulis tertulis, Senin (18/4/2022).

Tingginya angka pemudik yang akan menggunakan jalur darat, kata Sigit, berpotensi menyebabkan kemacetan parah dan kecelakaan lalu lintas. Terlebih jika pemerintah abai mengawasi kelaikan sarana transportasi.  

"Karena 75% pemudik diprediksi menggunakan angkutan darat, baik kendaraan pribadi maupun angkitan umum, kemacetan dan potensi kecelakaan lalu lintas juga bisa naik. Terlebih jika aspek keselamatan, khususnya untuk angkutan umum diabaikan, bisa-bisa berujung kecelakaan," ujarnya.

Sigit mendesak Kementerian Perhubungan agar memperketat pemeriksaan kelaikan angkutan umum yang akan digunakan sebagai angkutan lebaran. Menurutnya, soal keselamatan dan keamanan angkutan harus menjadi prioritas dalam penyelenggaraan mudik.

"Selain kelancaran mudik, keselamatan juga harus diperhatikan. Karena itu, setiap kendaraan yang akan digunakan mudik harus benar-benar laik jalan. Apalagi data KNKT 35% kecelakaan disebabkan karena sarana atau kendaraan yang tidak laik. Ini menjadi catatan dan tugas Kemenhub untuk memastikan kendaraan mudik laik jalan," kata Sigit.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan telah memetakan sejumlah titik di mana lalu lintas diprediksi akan mengalami perlambatan dan kemacetan selama masa mudik Lebaran 2022. Sejumlah area di mana lalu lintas diprediksi akan mengalami perlambatan atau kemacetan yakni di pintu masuk tol, rest area, pom bensin, dan tempat-tempat lainnya.

Sedangkan sejumlah titik di mana diprediksi akan terjadi kepadatan yaitu Jalur tol Tangerang-Merak Km 26, Jalur Tol arah Cikampek Km 48-60, KM 31-37, Km 70-72, dan untuk arus balik di Km 54.(*)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT