Lengkap! Kandungan Nutrisi Berlimpah, Ini Manfaat dan Resep Makanan Berbahan Dasar Ubi Jalar, Mudah dan Nikmat

Jumat, 15 April 2022 14:30 WIB

Share
Ilustrasi bola-bola ubi jalar. (Foto/Freepik)
Ilustrasi bola-bola ubi jalar. (Foto/Freepik)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ubi jalar merupakan sejenis umbi-umbian yang memiliki kulit luar berwarna coklat serta tipis dengan daging berwarna cerah dan paling sering ditemukan berwarna oranye. Tetapi, ada juga variasi warna putih, ungu atau kuning.

Cukup mudah bagi Anda yang berminat untuk bercocok tanam ubi jalar, sebab tumbuhan ini dikenal seperti namanya, yang mudah menjalar sekali ditanam.

Terdapat kandungan nutrisi dari satu porsi ubi jalar 80g (dikukus), yakni mengandung 67 kkal / 285 kj, 0.9 g protein, 0.2 g lemak, 16.3 g karbohidrat, 6.7 g gula, 280 mg kalium, 3012 mcg karoten, dan 14 mg vitamin C.

Adapun 5 manfaat ubi jalar untuk kesehatan, berikut ini:

1. Dapat mengurangi risiko kanker

Buah dan sayuran tinggi antioksidan, senyawa yang membantu mempertahankan tubuh terhadap kerusakan oleh radikal bebas.

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam kulit ubi jalar, terutama ubi ungu, dapat membantu mengurangi proses oksidasi, sehingga mengurangi risiko kanker.

2. Dapat mendukung kesehatan pencernaan

Ubi jalar tinggi serat, yang telah terbukti meningkatkan sistem pencernaan yang sehat. Sebagian besar penelitian sejauh ini telah dilakukan pada hewan, tetapi akan tampak bahwa tingkat tinggi sterol tanaman (fitosterol) dalam ubi jalar mungkin memiliki efek perlindungan pada sistem pencernaan dan mungkin berguna dalam pencegahan dan pengelolaan ulkus duodenum dan lambung, termasuk yang disebabkan oleh NSAID (obat antiinflamasi non-steroid, seperti ibuprofen).

3. Dapat membantu mengelola diabetes tipe-2

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar