ADVERTISEMENT

Ini Dia Tips Mencegah Maag Kambuh saat Berpuasa, Tetap Nyaman Ibadah Puasa Ramadan

Rabu, 13 April 2022 11:30 WIB

Share
Illustrasi sakit maag, (Foto: freepik)
Illustrasi sakit maag, (Foto: freepik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Puasa merupakan ibadah yang dijalankan dengan menahan lapar dan haus di siang hari. Tentu, hal ini akan membuat perut kosong.

Bagi penderita maag, menahan lapar di kala sedang tak berpuasa saja akan membuat maag kambuh, apalagi saat berpuasa. Hal ini jelas akan membuat ibadah puasa terganggu. Namun, bukan berarti penderita maag tidak dapat berpuasa.

Ada beberapa tips mencegah maag kambuh saat berpuasa dan tetap nyaman lakukan ibadah puasa Ramadan.

Dilansir dari situs resmi Rumah Sakit Islam Surabaya, berikut ini tips mencegah maag kambuh  saat berpuasa:

  1. Minum Segelas Susu saat Sahur

Tips mencegah maag kambuh saat berpuasa yang pertama adalah usahakan untuk meminum segelas susu. Hal ini dipercaya akan mencegah maag ketika berpuasa.

Namun, perlu diperhatikan jenis susu yang akan dikonsumsi. Umumnya, susu hewani memiliki kandungan lemak tinggi, hal itu dapat memicu gejala maag. Untuk itu, jenis susu nabati seperti susu kedelai dan almond lebih cocok karena dapat menetralkan cairan asam lambung.

 

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Saat berpuasa, cairan tubuh tentu akan berkurang drastis. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi air putih mutlak dilakukan demi menjaga cairan tubuh. Konsumsi air putih saat sahur dan berbuka. Namun, jangan sampai berlebihan agar perut tidak kembung.

  1. Menyegerakan Berbuka saat Waktunya Tiba

Tips mencegah maag kambuh saat berpuasa Ramadan selanjutnya adalah menyegerakan berbuka puasa. Selain faktor kesehatan, menyegerakan berbuka juga merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW.

Hal ini untuk mencegah timbulnya gejala maag. Sebab, durasi puasa yang panjang sampai 12 jam dikhawatirkan akan membuat asam lambung naik.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT