ADVERTISEMENT

Gak Ada Pantangan, Ini Manfaat Puasa Bagi Pengidap Diabetes!

Kamis, 7 April 2022 08:30 WIB

Share
ilustrasi
ilustrasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Sebenarnya tidak ada pantangan bagi pengidap diabetes untuk tetap menjalankan ibadah puasa,asalkan gula darah tetap terkontrol dengan baik.

Pasalnya,banyak pengidap diabetes yang ragu untuk tetap menjalankan puasa,mengingat karena mereka sering dianjurkan untuk makan secara teratur guna untuk mengontrol gula darah. 

Bila dilakukan secara tepat sebenarnya puasa memberi banyak manfaat untuk mereka pengidap diabetes. Para ahli membuktikan manfaat puasa untuk pengidap diabetes. Ini dia manfaatnya!

 1. Meningkatkan Fungsi Otak 

Studi Chronic intermitten fasting improves cognitive functions and brain structures in mice yang telah meneliti tikus. Ini menunjukkan berpuasa intermiten selama 11 bulan dapat meningkatkan fungsi otak dan struktur otak.

Pada hewan lain pada penelitian ini,telah dilaporkan bahwa berpuasa bisa melindungi kesehatan otak dan meningkatkan generasi sel saraf untuk meningkatkan fungsi kognitif,akan tetapi penelitian lanjut diperlukan untuk mengevaluasi efek puasa pada fungsi otak manusia.

2. Menjaga Kesehatan Jantung 

Penyebab kematian yang utama adalah penyakit jantung,ini dianggap penyakit diseluruh dunia yang sangat mematikan dan penyakit ini berhubungan dengan diabetes tipe 2.

Ada penelitian kecil yang mengungkapkan bahwa saat melakukan puasa selama delapan minggu,dapat mengurangi kadar kolesterol LDL dan trigliserida darah dengan masing-masing 25% dan 32%.

Studi lain telah meneliti 4.629 orang mengaitkan puasa dengan risiko penyakit arteri yang lebih rendah dan risiko diabetes jauh lebih rendah,keduanya adalah faktor risiko utama penyakit jantung.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT