ADVERTISEMENT

Peduli Kelestarian Hutan Mangrove, Teman Sandi Adakan Workshop Kreasi Ramah Lingkungan

Selasa, 5 April 2022 00:10 WIB

Share
Sahabat Sandi saat menggelar kegiatan pelestarian hutan mangrove. (foto: ist)
Sahabat Sandi saat menggelar kegiatan pelestarian hutan mangrove. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pada hari pertama puasa Ramadan, Teman Sandi tetap kembali menjalankan beberapa kegiatan. Kali ini aktivitas relawan pendukung Sandiaga Uno ini dilaksanakan di Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (2/4/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan Teman Sandi di beberapa daerah yang ada di Pontianak ini memiliki tujuan salah satunya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada awal Ramadan ini. 

Sedangkan kegiatan pertama dimulai dengan kegiatan kreatif yaitu pelestarian hutan mangrove yang ada di Desa Wisata Sungai Kupah, Sei. Kakap, Kubu Raya. Teman sandi turut menyumbangkan 200 bibit mangrove ke desa wisata tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan ekosistem hayati di kawasan tersebut.

"Kegiatan ini sangat mulia, di mana kita bisa menunjukkan rasa kepedulian kita terhadap kelestarian lingkungan. Di samping itu, kegiatan ini juga sangat besar manfaatnya, karena mangrove mampu menahan arus air yang mengikis daratan." tegas Farez Ferdiyan, ketua DPD Teman Sandi Kalimantan Barat.

Kepala Desa, Ismail,S.Pd., turut mengatakan bahwa, "Saya sangat berterima kasih kepada tim Teman Sandi yang sudah mengadakan kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan ini, akan turut membantu kita semua dalam menjaga kelestarian lingkungan."

Setelah itu, kegiatan Teman Sandi berlanjut dengan pembagian sembako, yang dilaksanakan di Desa Wisata Sungai Kupah, Sei. Kakap, Kubu Raya. Sembako ini dibagikan kepada orang-orang yang kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan pada Ramadan ini. 

Masyarakat terlihat sangat antusias dan bersyukur ketika mendapatkan sembako tersebut.

Rangkaian kegiatan sosial menyambut Ramadan dilanjutkan Teman Sandi dengan mengunjungi sebuah panti asuhan yaitu Panti Asuhan Catur Dharma Yatim, Jalan Harapan Jaya, Kota Baru-Pontianak. Kunjungan ke panti asuhan ini bertujuan untuk memberikan beberapa bantuan, seperti uang tunai dan sembako untuk memenuhi dan meringankan kebutuhan di panti asuhan tersebut.

Setelah itu, masih di Pontianak, kegiatan berlanjut ke Hotel Borneo. Kali ini kegiatan kreatif berupa Workshop Kreasi Ramah Lingkungan dilaksanakan Teman Sandi sebagai bentuk kolaborasi lintas generasi. Pelatihan ini bertujuan agar dapat membekali masyarakat dengan skill dan kreativitas yang lebih luas lagi sehingga kedepannya dapat membuka peluang usaha yang baru.

Puluhan orang yang mengikuti kegiatan ini dibagi menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 2 orang generasi millenial dan 2 ibu-ibu. Dalam kegiatan ini, peserta akan diberikan pelatihan untuk mengolah limbah plastik menjadi barang yang dapat dimanfaatkan dan memiliki nilai jual. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT