ADVERTISEMENT

Kolesterol Jahat Minggat! Inilah 5 Menu Makanan Sahur dan Berbuka Puasa Terbaik untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Selasa, 5 April 2022 15:12 WIB

Share
Ilustrasi makanan sehat untuk penderita diabetes. (Foto/Freepic)
Ilustrasi makanan sehat untuk penderita diabetes. (Foto/Freepic)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - Kolesterol merupakan lemak seperti lilin yang produksi oleh organ hati. Kolesterol tinggi merupakan suatu kondisi ketika kadar kolesterol yang ada dalam darah melebihi batas normal. Jika dibiarkan, kolesterol yang berlebihan bisa menumpuk di pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit serangan jantung, stroke, bahkan kematian.

Bagi orang yang mengalami penyakit kolesterol tinggi, tentu harus berhati-hati untuk memilih makanan yang akan dimakan dalam satu harinya. Penderita kolesterol tinggi tentu tidak boleh makan terlalu banyak makanan yang mengandung  kadar lemak tinggi, apalagi sekarang sudah mendekati bulan Ramadhan.

Ketika berbuka puasa, kadang sebagian orang banyak melakukan “pembalasan” kepada makanan yaitu memakan segala jenis makanan yang ada di hadapannya. Tindakan tidak terkontrol ini sebenarnya harus dihindari oleh penderita kolesterol tinggi karena, jika penyakitnya kumat dapat berbahaya.

Berikut ini merupakan menu makanan sahur dan berbuka puasa terbaik untuk penderita penyakit kolesterol tinggi ketika menjalankan ibadah puasa.

1.      Ikan

Menu yang pertama yaitu berbagai jenis ikan, ikan salmon dan makarel mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh. Omega-3 mampu menjaga kesehatan jantung dengan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat (LDL).

Namun, perlu diperhatikan cara memasak ikan. Cara paling sehat untuk memasak ikan yaitu dengan dikukus atau direbus.

2.      Sayuran

Sayuran merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, beberapa sayuran mengandung senyawa pektin yang merupakan serat larut sebagai penurun kolesterol. Beberapa jenis sayur yang kaya akan senyawa pektin seperti, terong, wortel, dan kentang.

3.      Buah

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Agung Himawan
Contributor: Widaksono Gasta Gasti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT