ADVERTISEMENT

Ini Dia Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Selama Berpuasa

Selasa, 5 April 2022 14:57 WIB

Share
Illustrasi berolahraga saat puasa(sumber foto: pixabay)
Illustrasi berolahraga saat puasa(sumber foto: pixabay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Selama berpuasa, tubuh pasti merasa lemas, hal tersebut dikarenakan tidak adanya asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Meski begitu, bukan berarti puasa hanya untuk malas-malasan saja.

Berolahraga di saat berpuasa tentu hal yang jarang dilakukan. Sebagian orang merasa jika berolahraga di saat puasa akan menimbulkan dehidrasi. 

Dehidrasi muncul akibat cairan tubuh yang keluar lebih banyak daripada cairan yang masuk ke dalam tubuh. Tentu hal itu akan mengganggu ibadah puasa Anda.

Puasa bukan berarti tidak bisa olahraga. Ada waktu-waktu tertentu yang bisa Anda gunakan untuk berolahraga. Anda harus memilih waktu yang tepat untuk berolahraga saat berpuasa. 

Berikut ini merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga saat mejalani ibadah puasa.

Sebelum Berbuka

Menjelang berbuka puasa adalah waktu yang tepat untuk berolahraga. Hal ini karena bisa membakar lemak lebih banyak, sehingga efektif menurunkan berat badan, setelah berolahraga tepatnya saat berbuka, kamu bisa langsung makan dan minum untuk menggantikan energi yang hilang. Sehingga tidak perlu khawatir akan mengalami gula darah rendah atau dehidrasi.

Namun, tidak boleh memaksakan diri untuk berolahraga secara berlebihan, sebab kamu masih dalam keadaan puasa dengan sisa energi yang sedikit, sehingga olahraga yang dilakukan perlu dibatasi, tidak lebih dari 60 menit.

Setelah Berbuka

Berbeda dengan olahraga menjelang berbuka puasa yang hanya dilakukan maksimal 60 menit, saat berolahraga setelah berbuka, kamu bisa melakukannya selama dua hingga tiga jam. Namun, sebelum berolahraga, kamu perlu menunggu makanan dicerna oleh tubuh sehingga kamu mendapatkan energi kembali untuk melakukan olahraga.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Agung Himawan
Contributor: Muchammad Yazid
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT