ADVERTISEMENT

Siapa dan Kenapa Sosok Siti Latifah Herawati Diah Namanya Diabadikan Google Doodle

Minggu, 3 April 2022 11:11 WIB

Share
Google Doogle hari Minggu (3/4/2022) Siti Latifah Herawti Diah(sumber foto: Google)
Google Doogle hari Minggu (3/4/2022) Siti Latifah Herawti Diah(sumber foto: Google)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ada yang menarik dari Google Doodle hari ini, Minggu (3/4/2022). Menampilkan sosok jurnalis wanita asal Indonesia, Siti Latifah Herawati Diah.

Tapi siapakah Siti Latifah Herawati Diah? Kenapa bisa diabadikan menjadi Google Doodle?

Siti Latifah Herawati Diah dikenal sebagai istri tokoh sekaligus mantan Menteri Penerangan Indonesia, BM Diah.

Herawati Diah lahir Belitung, 3 April 1917, lahir dari pasangan Raden Latip yang merupakan seorang dokter dan Siti Alimah.

Dalam bidang pendidikan Herawati Diah mengenyam bangku sekolah di Europeesche Lagere School di Salemba, Batavia (Jakarta). Setelah lulu dari ELS dirinya dirinya melanjutkan pendidikan ke Jepang di American High School.

Atas dorongan dari Ibunya, Herawati Diah berangkat ke Amerika Serikat untuk belajar sosiologi di Barnard College yang berafiliasi dengan Universitas Columbia, New York. Herwati lulus pada tahun 1941.

Pada tahun 1942, dirinya kembali ke Indonesia dan kemudian bekerja sebagai wartawan lepas di kantor berita United Press International (UPI).

Setelahnya Herawati Diah menjadi penyiar di radio Hosokyoku, saat menjadi penyiar dirinya bertemu dengan B.M Diah. Pada tahun 1954 mereka berdua mendirikan surat kabar berbahasa Inggris, Indonesian Observer.

Herawati Diah banyak memperoleh prestasi salah satunya Lifetime Achievement dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

Ia menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Medistra Jakarta pada 30 September 2016 di usia 99 tahun akibat penyakit pengentalan darah yang dideritanya.

Herawati Diah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, di samping mendiang makam suaminya, B.M Diah.

 

Google Doodle Siti Latifah Herawati Diah

Google Doodle menampilkan sosok dirinya untuk memperingati 105 hari kelahirannya, Herawati Diah merupakan tokoh pers Indonesia yang turut mewarnai dunia jurnalistik tanah air.

***

ADVERTISEMENT

Reporter: Agung Himawan
Editor: Agung Himawan
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT