ADVERTISEMENT

Puasa Kok Makan, Lupa Apa Lupa?

Sabtu, 2 April 2022 07:40 WIB

Share
Kartun Sental-Sentil: Puasa Kok Makan, Lupa Apa Lupa? (kartunis: poskota/ucha)
Kartun Sental-Sentil: Puasa Kok Makan, Lupa Apa Lupa? (kartunis: poskota/ucha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BIASANYA pada awal puasa, banyak yang lupa kalau sedang puasa. Ini sebenarnya hanya faktor kebiasaan saja. Misalnya, pagi-pagi bangun tidur, biasa minum teh atau kopi.

Dan kebiasaan itu dilakukan seperti mengalir begitu saja. Bangun tidur, bikin kopi, lalu minum. Setelah sampai di tengah tenggorokan, baru sadar. O, iya lupa kalau lagi puasa? Wah, gawat deh.

Adakah yang begitu? Ada, tapi seperti diutarakan sebelumnya, itu hanya awal saja, dan karena kebiasaan. Jadi hal yang biasa, ya selalu saja bisa dilakukan tanpa komando.

Tapi, hal yang barusan itu juga bukan jadi satu alasan. Lupa boleh saja, tapi ada dong perintah lain di kepala kita yang bilang,’ ingat Bung, anda sedang puasa. Jadi jangan dekati itu minuman, kopi,teh atau makanan lain. Sekali lagi, ingat. Jadi jangan ingat setelah makan sepiring, minum segelas air, dan bersendawa, baru sadar. Ya, lalu teruskan saja deh. Orang lupa, ya terusin aja deh. Nggak begitu dong…!

Nah, dalam awal kegiatan ibadah puasa, sebenarnya nggak ada alasan untuk lupa. Karena kegiatan ibadah puasa itu kan  ada rentetan yang dikerjakan sejak malam hari. Bagi yang menjalankan ibadah di Ramadhan, mereka solat Tarawih, ada sahur tengah malam dan ibadah lainnya. Jadi sudah ada rentetan kegiatan puasa.

Kenapa harus lupa kalau hari ini sebenarnya sedang menjalankan puasa. Bisa jadi karena beberapa hal, misalnya karena sehabis Subuh, lalu tidur pulas sampai siang. Begitu bangun lupa deh kalau sedang puasa. Biasa juga karena hidup sendiri,nggak ada saudara atau kawan yang membangunkan. Dia seperti biasa, bangun tidur, minum dan makan? Ya, banyaklah sebab musababnya menjadikannya orang lupa.

Batalkah puasa jika ada peristiwa yang seperti disebut di atas? Menurut hukum agama, tidak batal, jika benar-banar lupa. Malah disebutkan apa yang dimakan itu adalah rezeki dari Allah SWT.

 

Lihat juga video “Rans Cilegon FC Gandeng Ronaldinho untuk Bermain dalam Laga Charity”. (youtube/poskota tv)

Tapi, kalau sengaja, misalnya sedang makan lalu ingat bahwa ia sedang puasa,pura-pura lupa, dan diteruskan puasanya batal.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT