ADVERTISEMENT

Primadona Saat Ramadan, Ini Dia 5 Manfaat Timun Suri untuk Takjil Berbuka Puasa

Rabu, 30 Maret 2022 11:56 WIB

Share
Timun suri(Sumber foto: freepik)
Timun suri(Sumber foto: freepik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Bulan Ramadan akan dimulai pada bulan April mendatang, momen saat dimana semua umat Muslim menjalankan ibadah puasa.

Berbicara mengenai puasa tidak jauh dari kata takjil, takjil merupakan hidangan yang spesial dikala puasa, tidak sedikit pedagang-pedagang menjual berbagai macam takjil dari buah-buahan hingga goreng-gorengan

Salah satu buah yang sering ditemukan saat bulan puasa adalah timun suri, timun suri dapat dijadikan berbagai varian takjil dikala berbuka puasa. Namun, tidak semua orang menyadari manfaat dari buah timun suri ini. Selain, terdapat kandungan di dalamnya seperti Vitamin C, Kalsium, Karbohidrat, Fosfor dan Kalium. Adapun manfaat timun suri untuk takjil puasa berikut ini.

1.       Sumber Antioksidan

Saat puasa tubuh rentan terkena penyakit akibat dari kurangnya asupan dan cairan. Adapun kandungan antioksidan yang terdapat dalam timun suri dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas agar tubuh tidak mudah terserang penyakit mematikan atau penyakit berbahaya lainnya.

2.       Membantu Sistem Pencernaan

Buah timun suri kaya akan air, jadi tidak heran jika buah ini juga baik untuk sistem pencernaan. Saat berpuasa seringkali merasakan kurangnya cairan dalam tubuh, mengonsumsi timun suri dapat membantu sistem pencernaan sekaligus menyeimbangkan cairan dalam tubuh.

3.       Membantu Kesehatan Ginjal

Banyaknya kandungan air pada buah ini membuat proses buang air kecil menjadi lancar. Oleh karena itu, buah ini merupakan salah satu obat diuretik alami yang bisa diandalkan dalam mengobati masalah ginjal.

4.       Baik untuk Penderita Diabetes

Buah timun suri memang memiliki kandungan karbohidrat, namun jenis karbohidratnya kompleks. Apalagi dalam arti kata tidak bisa menyebabkan kadar gula darah. Oleh karena itu, buah yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes sebagai takjil dikala berbuka puasa.

5.       Mata Sehat

Beberapa orang mungkin mengalami masalah penglihatan seperti mata kabur atau iritasi, adapun dengan mengonsumsi timun suri yang kaya akan vitamin A dan C. Oleh sebab itu, sangat bagus sekali apabila membuat takjil berbuka puasa dengan buah yang satu ini terutama untuk anak-anak agar dapat membantu perkembangan dan kesehatan mata. (JIHAN HANIFAH)

***

ADVERTISEMENT

Editor: Agung Himawan
Contributor: Jihan Hanifah
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT