ADVERTISEMENT

Wapres Tanam Benih Jagung dan Kedelai di Desa Ciparungsari, Kabupaten Purwakarta

Senin, 28 Maret 2022 11:54 WIB

Share
Wapres KH. Ma'ruf Amin saat tanam benih jagung di Purwakarta. (johara)
Wapres KH. Ma'ruf Amin saat tanam benih jagung di Purwakarta. (johara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID -  Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Purwakarta, Jawa Barat, Senin pagi (28/03/2022).

Wapres beserta rombongan terbatas berangkat dari kediaman resmi Wapres di Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta, menuju Desa Ciparungsari, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta. Dalam kunjungannya itu, Wapres menanam benih jagung dan kedelai di Desa tersebut. 

Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi memaparkan tentang  lahan dan varietas-varietas yang ditanam. Adapun metode penanaman yang dilakukan menggunakan metode tumpang sari.

"Pola tanam tumpang sari. Sekarang ada pohon jati, diantara jati ditanam jagung dan kedelai, sudah disiapkan," papar Suwandi.

Suwandi menambahkan hamparan sudah dibuka 5 hektar (ha) siap ditanam jagung dan kedelai, dari total yang ada total 52 ha.

Usai menerima laporan, Wapres kemudian turut menanam jagung hibrida varietas Pioner P35 yang merupakan jenis jagung dengan ketahanan genetis alami terhadap penyakit bulai.

Ketahanan ini dapat menjadi nilai tambah bagi petani karena menghemat biaya produksi.

Dengan menggunakan alat tanam, Wapres didampingi oleh Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, dan salah seorang perwakilan dari jajaran pengurus Yayasan Dewa Dewi Indonesia  ikut menanam jagung di lahan gembur tersebut.

Sementara benih kedelai yang ditanam merupakan varietas Anjasmoro.

Selanjutnya, Wapres pun berjalan menuju saung dimana dilakukan penyerahan bantuan sarana produksi pertanian dari Kementerian Pertanian serta hewan ternak kepada 6 orang perwakilan Petani Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT