ADVERTISEMENT

NATO Akan Memberikan Dukungan Lebih Banyak untuk Ukraina dan Sanksi ke Rusia

Jumat, 25 Maret 2022 13:19 WIB

Share
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. (Foto: Reuters).
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. (Foto: Reuters).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BELGIA, POSKOTA.CO.ID - NATO berjanji akan memberikan dukungan militer lebih banyak kepada Ukraina dan menugaskan pasukan ke sayap timur aliansi itu.

Sementara Inggris dan Amerika Serikat (AS) akan meningkatkan sanksi terhadap Moskow, selama tiga pertemuan puncak antara AS dan G7 pada Kamis kemarin yang menunjukkan persatuan Barat melawan perang Rusia di Ukraina.

Dilansir dari reuters,com, pertemuan para pemimpin North Atlantic Treaty Organization (NATO) di Brussel, Belgia, setuju untuk membantu Ukraina melindungi diri dari serangan kimia, biologi atau nuklir. Seorang pejabat AS mengatakan sekutunya bekerja untuk memberikan rudal anti-kapal kepada Kyiv.

“Satu-satunya hal terpenting adalah bagi kita untuk tetap bersatu dan dunia terus fokus pada betapa kejamnya orang ini dan semua nyawa orang tidak bersalah,” kata Presiden Joe Biden dalam konferensi pers, dikutip dari reuters.com, Jumat (25/3/2022).

“Kita harus tetap sepenuhnya bersatu.” Lanjutnya.

Namun, janji dukungan oleh para pemimpin dari negara-negara yang mewakili lebih dari setengah Produk Domestik Bruto (PDB) tidak memenuhi permintaan Ukraina untuk lebih banyak senjata dan sanksi yang lebih ketat, termasuk embargo energi Rusia.

Diketahui, Rusia memasok 40% kebutuhan gas Eropa dan lebih dari seperempat impor minyak. Mereka yang paling bergantung dengan pasokan ini, khususnya Jerman, enggan mengambil langkah yang berdampak besar bagi negaranya itu.

Sebelumnya, NATO juga pernah menolak permohonan Kyiv untuk mempertahankan langit Ukraina dengan memberlakukan zona larangan terbang dan mengatakan pihaknya tidak akan mengirim pasukan ke Ukraina karena takut terseret ke dalam konfrontasi militer penuh dengan Rusia yang memiliki senjata nuklir.

ADVERTISEMENT

Reporter: Agung Himawan
Editor: Agung Himawan
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT