ADVERTISEMENT

Apa itu Sembelit, Penyebab, Pencegahan, Bagaimana Cara Mengatasinya Tanpa Obat, dan  

Rabu, 23 Maret 2022 16:44 WIB

Share
Illustrasi Sembelit (Pixabay/derneuemann)
Illustrasi Sembelit (Pixabay/derneuemann)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - Sembelit merupakan hal yang umum terjadi oleh kebanyakan orang dari segala usia, tahukah kamu kalau penyebab sembelit bisa datang dari banyak hal.

Sebelum menjawab penyebab sembelit, sebaiknya kita mengetahui dulu apa sembelit. Sembelit dapat digambarkan banyak jenis dalam setiap masalah buang air besar, dapat berarti tinja yang keras, bisa juga dibayangkan seperti mengejan berlebihan, tidak buang air besar beberapa hari, atau merasa tidak bisa mengeluarkan tinja. Ini semua adalah deskripsi dari sembelit, namun gejalanya berbeda.

 Apa itu sembelit

Dilansir dari health.harvard.edu, sembelit bisa menjadi kronis bisa berlangsung berminggu-minggu hingga berbulan-bulan, gejala sembelit yang berbeda-beda dapat berarti masalah yang berbeda, oleh karena itu memerlukan  perawatan yang berbeda.

Ada dua jenis utama sembelit, yang pertama adalah pergerakan isi yang lambat di seluruh saluran gastrointestinal (GI), jenis sembelit ini dapat diobati dengan menambah asupan serat dari suplemen maupun buah.

 Bentuk sembelit kedua terjadi lebih dekat ke pintu keluar, kesulitan mengeluarkan isi usus karena salah dengan otot panggul, untuk jenis ini mungkin memerlukan evaluasi lebih lanjut dengan melakukan beberapa tes di rumah sakit.

Apa penyebab sembelit

Sembelit pada orang dewasa memiliki beberapa macam kemungkinan penyebab, bahkan terkadang tidak ada alasan yang jelas.

Dijelaskan dari nhs.uk, penyebab sembelit yang paling umum adalah
•    Tidak makan makanan cukup serat, seperti buah, sayuran, dan sereal

•    Terlalu lama menghabiskan waktu untuk duduk atau berbaring
•    Kurang aktif dan tidak berolahraga
•    Sering menunda BAB
•    Mengubah diet atau rutinitas harian
•    Stress, kecemasan atau depresi
•    Efek samping obat

Sembelit juga sering terjadi kepada ibu hamil dan selama enam minggu setelah melahirkan.

Mengobati sembelit tanpa obat dengan buah kiwi

Sebuah studi dari American Journal of Gastroenterology, yang berjudul "Exploratory comparative effectiveness trial of green kiwifruit, psyllium, or prunes in US patients with chronic constipation” berusaha membandingkan berbagai cara yang alami untuk mengobati sembelit kronis. Plum dan psyllium adalah cara yang dianggap baik untuk mengobati sembelit kronis.

Mencegah sembelit

Mengubah gaya hidup dan diet dapat membantu mencegah sembelit, langkah-langkah sederhana ini juga aman untuk ibu hamil.  Terkadang mungkin ada akan melihat perubahannya setelah beberapa hari ataupun bulan, berikut langkah-langkah untuk mencegah sembelit

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Agung Himawan
Editor: Agung Himawan
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT