ADVERTISEMENT

Keren Bikin Kagum! Pengurus Masjid Jami At-Taqwa Sunter Tanam Buah dan Sayur Lewat Hidroponik di Rooftop

Sabtu, 19 Maret 2022 22:13 WIB

Share
Supriyono panen tanaman anggur. (cr06)
Supriyono panen tanaman anggur. (cr06)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pengurus Masjid Jami At-Taqwa di Sunter Agung, Jakarta Utara sungguh kreatif, mereka menyulap area atap masjid (rooftop) dengan menanam tanaman buah dan sayur melalui teknik Hidroponik, Sabtu (19/3/22).

Supriyono, Wakil Ketua DKM Masjid At-Taqwa bercerita kejadian ini bermula karena ingin memanfaatkan area atap masjid yang kosong selain itu juga bertujuan untuk mendukung program pemerintah terkait adanya urban farming.

"Adanya kebun hidroponik di atap Masjid At Taqwa ini awalnya kita dari pengurus melihat ada lahan yang bisa dimanfaatkan untuk bertanam sayur mayur di rooftop masjid, kita juga mendengar ada program urban farming dari pemerintah sehingga kita juga ikut mensukseskan program itu,” ujar Supriyono.

Supriyono mengatakan kalau saat ini tanaman yang sudah ditanam di area atap Masjid sudah menghasilkan berbagai jenis buah dan sayur mayur.

Salah satu komoditas utama yang sudah ada jadwal panennya yaitu tanaman kangkung dan cesin.

“Alhamdulilah untuk komoditas utamanya, sayuran kangkung dan cesin kita sudah rutin panen sudah ada jadwalnya, dan sudah ada yang menampung, sudah dipasarkan kita suplai ke pasar pasar modern melalaui salah satu perusahaan,” tambahnya.

Supriyono menegaskan kalau seluruh pemasukan yang didapat dari hasil penjualan buah dan tanaman, akan dialokasikan untuk perawatan Masjid Jami At-Taqwa.

"Untuk hasil panennya kita alokasikan untuk perawatan operasional kebun dan kita sisihkan untuk masjid,” pungkas Supriyono. (cr06)
 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT