ADVERTISEMENT

Daftar Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi: Keraton Kasepuhan hingga Batu Lawang

Jumat, 18 Maret 2022 22:30 WIB

Share
Keraton Kasepuhan Cirebon. (Foto: Infopublik).
Keraton Kasepuhan Cirebon. (Foto: Infopublik).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Setiap musim libur panjang, Cirebon mendadak ramai oleh wisatawan yang datang dari luar kota. Cirebon memiliki daya Tarik yang tidak kalah dengan kota terkenal lainnya. 

Cirebon punya banyak tempat wisata yang indah dan menawan. Tak hanya itu, sejumlah penginapan di setiap sudut kota juga semakin memberikan kemudahan bagi wisatawan yang datang ke kota udang ini.

Berikut beberapa tempat wisata yang wajib kalian kunjungi jika datang ke kota Cirebon:

1. Keraton Kasepuhan

Keraton ini dibangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mohammad Arifin yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati. Keraton ini sebelumnya bernama Keraton Pakungwati yang digunakan sebagai pusat pemerintahan Cirebon. 

Namun setelah adanya pembagian wilayah keraton oleh Pangeran Mertawijaya nama keraton ini diganti dengan nama Keraton Kasepuhan.

Jika kalian kesini, kalian bisa melihat peninggalan bersejarah seperti gamelan dari tahun 1426, rebana peninggalan Sunan Kalijaga, meram mini, hingga kereta kencana. Keraton Kasepuhan terdapat di jalan Kasepuhan Nmor 43, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

2. Telaga Remis

Terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Cirebon, tepatnya di daerah Kaduela, Kuningan, Telaga Remis kononya merupakan tempat pertapaan Raja Siliwangi. Telaga Remis yang memiliki pemandangan alam khas kaki Gunung Ciremai yang bisa menghilangkan penat dari padatnya aktivitas sehari hari. Kini, Telaga Remis bukan hanya jadi tempat sumber mata air bagi warga sekitar, tapi juga telah diubah menjadi destinasi wisata alam yang indah.

Telaga Remis juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti kamar mandi, warung, gazebo, camping ground, dan lahan parkir yang luas. Dengan memiliki luas 3 hektar, kalian bisa melihat pemandangan ratusan jenis tumbuhan pohon malaka, sonokeling, dan kosambi.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT