Jepang Dilanda Gempa Berkekuatan 7,3 M, Berpotensi Tsunami!

Kamis, 17 Maret 2022 08:22 WIB

Share
Ilustrasi loksai pusat gempa Jepang. (Foto/Twitter/@lastquake)
Ilustrasi loksai pusat gempa Jepang. (Foto/Twitter/@lastquake)

JEPANG, POSKOTA.CO.ID - Badan Meteorologi Jepang melaporkan telah terjadinya gempa magnitudo (M) 7,3  melanda lebih dari 35 mil atau 60 kilometer, di bawah laut di lepas pantai Fukushima, Jepang. 

Diketahui, gempa terjadi, sejak Rabu (16/3/2022) pukul 09.25 malam hingga pukul 00.39 dini hari, pada tanggal 17 Maret 2022.

Berdasarkan informasi, gempa di Jepang berpotensi menimbulkan tsunami. Gempa ini merupakan gempa berkekuatan tinggi yang terjadi di Jepang, di tahun ini.

Pihak berwenang telah memperingatkan penduduk di prefektur Fukushima, Miyagi dan Yamagata untuk mengantisipasi adanya gempa susulan.

Badan Meteorologi Jepang telah mengeluarkan peringatan tsunami gelombang laut hingga satu meter di beberapa bagian Miyagi dan Fukushima.

Dilansir dari, NHK mengatakan tsunami mungkin telah mencapai beberapa daerah. Angkatan Udara Bela Diri Jepang menyampaikan, pihaknya telah mengirim jet tempur dari pangkalan Hyakuri di prefektur Ibaraki, tepat di selatan Fukushima, untuk mengumpulkan lebih banyak informasi tentang kemungkinan kerusakan.

Sedangkan dilansir dari Reuters, gempa yang berkekuatan besar ini mengakibatkan pemadaman listrik di Jepang, pada kurang lebih dua juta rumah di wilayah kantor. Kemudian, jalur kereta api pun juga dihentikan sementara.

Sementara itu, Perdana Menteri Fumio Kishida mengatakan, Pemerintah sedang menilai tingkat kerusakan setelah gempa.

 

Parah! Bertahun-tahun Jalanan Rusak Terbengkalai, Truk Klinker di Lebak Sampai Terguling

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar