ADVERTISEMENT

Sholat Tasbih, Amalan yang Amat Dianjurkan Saat Nisfu Sya'ban Selain Puasa

Selasa, 15 Maret 2022 10:35 WIB

Share
Ilustrasi Nisfu Sya'ban. (Foto: Ist)?
Ilustrasi Nisfu Sya'ban. (Foto: Ist)?

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Nisfu yang berarti Pertengahan, sedangkan Syaban yang berarti Nama Bulan Hijriyah, jadi dari kedua arti Nisfu Syaban jika kita gabungkan menjadi Pertengahan Bulan. 

Jadi, Bulan NisfubSyaban dilaksanakan setiap tanggal pertengahan di bulan Syaban, atau tepatnya pada tanggal 15 Syaban. Pada tahun ini, bulan Nisfu Syaban jatuh pada jumat 18 maret 2022.

Pada bulan Nisfu Syaban diyakini oleh umat Muslim bahwa dihari tersebut, dua malaikat pencatat amalan Raqib dan Atid menyerahkan catatan amalan kepada Allah SWT dan juga pada hari tersebut buku catatan yang akan digunakan setiap tahun akan diganti dengan yang baru.

Salah satu ibadah sunah yang dianjurkan untuk umat Muslim di bulan Syaban ini yaitu melakukan puasa Syaban dan melaksanakan sholat Tasbih.

Sholat Tasbih merupakan salah satu sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Jumlah Rakaat dalam Sholat Tasbih sebanyak empat rakaat dengan satu kali salam jika dilakukan pada siang hari, dan dua kali salam jika dilakukan pada malam hari.

Ada pun niat dan tata cara yang digunakan saat melakukan sholat Tasbih, yaitu;

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلهِ تَعَالَى

Artinya, “Aku menyengaja salat sunah tasbih empat rakaat karena Allah Ta'ala.”

-          Saat Takbiratul Ihram, dalam sholat Tasbih membaca surat al-Fatihah, membaca surat pendek, dan membaca tasbih sebanyak 15 kali.

سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Muhammad Rio Alfin Pulungan
Contributor: Rio Achmad
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT