ADVERTISEMENT

Pasca Hujan Lebat 110 Rumah di Kecamatan Pakis Malang Terendam Banjir

Selasa, 15 Maret 2022 14:47 WIB

Share
Kondisi banjir yang menimpa rumah warga. (foto: dok/BNPB)
Kondisi banjir yang menimpa rumah warga. (foto: dok/BNPB)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Sebanyak 110 rumah warga di 4 desa terendam banjir pasca hujan lebat mengguyur wilayah Kecamatan Pakis, Malang, Jawa Timur, Senin (14/3/2022) malam.

Adapun keempat desa yang terdampak banjir di Kecamatan Pakis, yaitu Desa Mangliawan, Desa Saptorenggo, Desa Ampeldento dan Desa Asrikaton.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Pananggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari, mengatakan, hasil kaji cepat sementara, banjir tersebut menyebabkan 115 KK atau 348 jiwa terdampak.

"Tidak ada laporan warga yang terluka dan mengungsi akibat peristiwa ini. Sedangkan dampak kerugian material, BPBD setempat mencatat 1 fasilitas rumah ibadah rusak dan 10 tempat usaha terendam banjir," papar Abdul Muhari dalam keterangannya, Selasa (15/3/2022).

Merespons kejadian ini, BPBD Kabupaten Malang telah berkoordinasi dengan aparat desa dan kecamatan setempat untuk melakukan pendataan. Pihaknya bersama personel TNI dan Polri tetap bersiaga untuk mengantispasi kemungkinan banjir susulan.

Prakiraan cuaca di beberapa wilayah kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur masih terpantau berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dari tanggal 16-17 Maret 2022.

Oleh karena itu, lanjut Abdul Muhari, Pemerintah daerah dan warga diharapkan tetap waspada dan siaga dalam mengantisipasi potensi terjadinya banjir dan angin kencang susulan.

Sebagai bentuk kesiapsiagaan dari adanya prakiraan cuaca BMKG, BPBD Provinsi Jawa Timur telah meneruskan informasi peringatan dini potensi hujan lebat kepada lintas instansi terkait dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana hidrometeorologi basah, seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor serta angin kencang. Selalu pantau peningkatan debit sungai dan saluran air lain jika terjadi hujan intensitas tinggi dengan durasi lebih dari satu jam. (johara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT