ADVERTISEMENT

Jokowi Memulai Membangun IKN Mengingatkan Lakon Babad Alas Wonomarto yang Merupakan Kerajaan Makhluk Halus

Senin, 14 Maret 2022 13:24 WIB

Share
Ilustrasi Titik Nol Ibu Kota Negara (dok. Kementerian PUPR)
Ilustrasi Titik Nol Ibu Kota Negara (dok. Kementerian PUPR)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Kerajaan makhluk halus (jin dan siluman) Mertani pun sejak saat itu terkalahkan dan berubah menjadi negara yang dapat terlihat oleh pandangan mata biasa. Kondisinya sangat indah.
Hutan Mertani kemudian dijadikan sebagai negara besar dan megah dan digantin namanya menjadi Negara Amarta.

Makna  lakon Babad Alas Wonomarto
Lakon itu sering dipentaskan bagi kalangan orang Jawa yang ingin membangun sesuatu yang sifatnya besar dan penuh perjuangan berat. Lakon ini memuat makna mendalam, perjuangan keras, gangguan berat, sikap optimis, dan yakin bisa berhasil.

 

Pemerhati budaya Jawa yang juga mantan Menteri Sosial Nani Sudarsono (alm) mengatakan lakon Babad Alas Wonomarto mengajarkan nilai kesungguhan atau tekad  yang kuat dapat mengalahkan rintangan apapun yang menghadang. 

Cerita Babad Alas Wonomarto sama halnya yang terjadi pada Indonesia pada saat mengusahakan kemerdekaan dengan semangat dan tekad yang kuat hingga dapat menyatukan bangsa Indonesia yang sangat beragam ke arah kesejahteraan. 

Bahkan pengamat lainnya, Reksodiningrat menganalogikan lakon Babad Alas Wanamarta sebagai Indonesia masa reformasi yang berusaha memperbaiki keadaan setelah runtuhnya Orde Baru.

Perubahan yang diarahkan pada terciptanya kehidupan yang lebih baik dengan tekad yang kuat, kerja keras, dan doa. Revolusi bukan hanya datang dari kesadaran tetapi juga paksaan dan tekanan yang mengharuskan kita berubah. 

Mengubah ketiga hal tersebut dikisahkan dalam Cerita Babad Alas Wanamarta sebagai hal yang tidak mudah. Ada pergolakan dimana perubahan pasti mendapat tantangan khususnya dari yang tidak mau berubah. 

 

Maka dari itu perlu tekad yang kuat, semangat, dan keberanian untuk  melawan ketidakbenaran dan keburukan sehingga dari hutan yang angker bisa menjadi kerajaan yang megah.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT