Miskin, Kaya, Miskin Maning Mas Bro!

Sabtu, 12 Maret 2022 07:30 WIB

Share
Kartun Sental-Sentil: Miskin, Kaya, Miskin Maning Mas Bro! (kartunis: poskota/arif's)
Kartun Sental-Sentil: Miskin, Kaya, Miskin Maning Mas Bro! (kartunis: poskota/arif's)

GAGAL maning, gagal maning Son…!” Masih ingat ya dialog Jawa ngapak yang dibawakan oleh satu pelakon dalam drama komedi yang penah tayang di TV swasta beberapa tahun silam?

Di situ ada kata ’maning’ yang dalam bahasa Indonesia artinya;’lagi’. Gagal maning, yang berarti gagal lagi. Makan maning, ya makan lagi. Miskin maning ya miskin lagi.

Peristiwa miskin lagi, sedang ramai diberitakan dalam medsos. Banyak kisah orang yang sangat mengejutkan, misalnya orang punya harta segunung, tiba-tiba ludes. Si kaya jadi miskin. Tapi sebaliknya orang yang semula miskin, jadi kaya raya.  Ada pula kisah seseorang yang awalnya dibawah, terus nanjak lalu turun lagi. Miskin, kaya,miskin lagi!

Orang yang awalnya biasa-biasa saja, karena dapat warisan tanah, lalu dapat gusuran dengan nilai yang besar. Maka jadilah orang-orang itu kaya mendadak. Bayangkan yang biasanya hanya pegang uang seratus dua ratus ribu, tiba-tiba punya milyaran rupiah?

Celakanya, ada yang kemaruk, nggak bisa nahan diri, alias nggak bisa memenej keinginannya. Beli ini itu barang yang seharusnya nggak begitu primer betul. Mobil mewah, nggak terpikir kalau itu perawatannya juga mahal! Akhirnya uangnya, makin tipis dan habis. Kembali ke laptop deh!

Ini juga ada kisah yang boleh dibilang seru dari Jawa Barat. Ini lelaki muda, yang punya sejarah luar biasa. Bayangkan saja, dia awalnya punya kehidupan yang sangat sulit. Bekerja serabutan, di antaranya jadi kuli bangunan, demi mengisi perut. Sekalinya kerja kantoran, ya cuma bisa bersih-bersih alias OB.

Tapi, kemudian si lelaki muda itu rezekinya naik, nggak sembarangan, dia pun disebut sebagai ‘Crazy Rich’ karena tajir melintir. Dia mulai royal, beli mobil mewah dan pamer buang-buang uang untuk para kroninya.

Kok bisa kaya, ya? O, ternyata semuanya diungkap oleh petugas, bahwa si tajir ini telah melakukan penipuan melalui judi online, pencucian uang dan tindak kriminal lain yang merugikan.

 

Lihat juga video “Terjadi Kericuhan saat Warga Berebut untuk Membeli Minyak Goreng di Alfamart”. (youtube/poskota tv)

Halaman
Berita Terkait
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar