ADVERTISEMENT

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat Bentuk Tim Riset Ungkap Tempat Kelahiran Sultan Hamengkubuwono II

Jumat, 11 Maret 2022 19:01 WIB

Share
Bupati Wonosobo Bentuk Tim Riset Ungkap Tempat Kelahiran Sultan Hamengkubuwono II. (ist)
Bupati Wonosobo Bentuk Tim Riset Ungkap Tempat Kelahiran Sultan Hamengkubuwono II. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

WONOSOBO, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Wonosobo membentuk tim riset untuk mendalami fakta sejarah bahwa Sri Sultan Hamengku Buwono II lahir dan dibesarkan di Desa Pagerejo, Wonosobo, Jawa Tengah.

Riset ini diperlukan sebagai bahan untuk pengajuan Sri Sultan Hamengku Buwono II sebagai Pahlawan Nasional.

"Kami akan membuka fakta sejarah bahwa di masa kecilnya HB II pernah melalui masa kecilnya di lereng Gunung Sindoro Wonosobo. Kami  juga mendukung upaya Trah Hamengku Buwono II yang berjuang mengajukan Sri Sultan Hamengku Buwono II sebagai pahlawan nasional," tutur Afif Nurhidayat, Bupati Wonosobo di Pendopo Kabupaten Wonosobo, Kamis (10/3/2022).

Tidak hanya Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Masyarakat Desa Pagerejo juga mendukung Sri Sultan Hamengku Buwono II menjadi Pahlawan Nasional.

Tuwat Muh. Handoyo selaku Sekertaris Desa Pagerejo mengatakan jika Sri Sultan Hamengku Buwono II menjadi Pahlawan Nasional maka bisa berdampak positif untuk desanya.

"Tentu akan ada tradisi dan kebudayaan di masa Sri Sultan Hamengku Buwono II yang akan kami lestarikan sehingga berdampak positif," tambahnya.

Sementara itu, Trah keluarga Sri Sultan Hamengku Buwono II yang diwakili oleh Fajar Bagoes Poetranto menyambut baik dukungan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk mendukung pengusulan Sri Sultan Hamengku Buwono II sebagai Pahlawan Nasional.

"Riset dan dukungan dari Pemkab Wonosobo ini sangat penting, mengingat Sri Sultan Hamengku Buwono lahir di Desa Pagerejo Kecamatan Kertek Wonosobo, lereng Gunung Sindoro. Untuk selanjutya, kami akan bersama-sama untuk mengusulkan Sri Sultan Hamengku Buwono II sebagai Pahlawan Nasional," ujar Fajar Bagoes Poetranto saat bertemu dengan Bupati Wonosobo yang didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadinsos PMD), Harti, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Wonosobo Fahmi Hidayat dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Kabag Prokompim) Satriyatmo, Sekdes Pagerejo, Tuwat Muh Handoyo dan tokoh masyarakat Desa Pagerejo.

Sejarah Sri Sultan Hamengku Buwono II

Berdasarkan situs resmi Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono II lahir di lereng Gunung Sindoro pada 7 Maret 1750.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT