Di AS, 65 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Terbuang

Kamis, 10 Maret 2022 20:00 WIB

Share
Ilustrasi vaksin COVID-19. (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi vaksin COVID-19. (Sumber: Pixabay)

AS, POSKOTA.CO.ID - Sebanyak 65 juta dosis vaksin COVID-19 atau setara 9,5 persen dari 687 juta dosis yang didistribusikan di Amerika Serikat terbuang sia-sia hingga akhir Februari 2022.

Hampir 1,5 juta dosis vaksin di Michigan, 1,45 juta dosis vaksin di North Carolina, 1 juta dosis vaksin di Illinois dan hampir sebanyak 725.000 dosis vaksin di Washington tidak dapat digunakan. Demikian  laporan Associated Press pada pekan lalu.

Sedangkan di California dari 84 juta dosis vaksin yang telah diterima sekitar 1,8 persen atau kurang lebih 1,4 juta dosisnya terbuang sia-sia menurut laporan itu.

Departemen kesehatan di sejumlah negara bagian mengatakan bahwa mereka telah melacak jutaan dosis vaksin yang terbuang sia-sia. Termasuk dosis vaksin yang telah kedaluwarsa, dosis vaksin yang berada di dalam vial multi dosis yang tidak dapat digunakan sepenuhnya, atau harus dibuang karena alasan lain seperti masalah suhu atau vial yang rusak.

"Dari beberapa negara bagian dengan tingkat vaksinasi terendah, seperti Indiana dan North Dakota, hingga beberapa negara bagian dengan tingkat vaksinasi tertinggi, seperti New Jersey dan Vermont, departemen-departemen kesehatan masyarakat saling melempar dosis vaksin, berharap menemukan penyedia yang dapat menggunakannya," tulis laporan Associated Press.

Setiap dosis yang terbuang sia-sia terasa seperti peluang yang terlewatkan mengingat betapa suksesnya vaksin dalam mencegah kematian dan penyakit serius. Ini mengingat bahwa pandemi virus corona telah menewaskan lebih dari enam juta orang dan menghancurkan perekonomian di seluruh dunia. ***

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar