Bambang Susantono Dilantik Jokowi, Politisi PAN Nilai Tugas Kepala Otorita IKN Lebih Berat Dibandingkan Menteri

Kamis, 10 Maret 2022 13:16 WIB

Share
Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus. Rizal
Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus. Rizal

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Jokowi berencana mengumumkan dan melantik Kepala Otorita Kepala Ibu Kota Nusantara (IKN). Nama Bambang Susantono akan dilantik Jokowi sebagai Otorita IKN Nusantara.

Terkait pelantikan Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono, anggota Komisi II DPR Fraksi PAN Guspardi Gaus menyambut baik kabar ini.

Apalagi, menurutnya Jokowi sudah lama mengantongi nama calon Kepala Otorita IKN tersebut.

"Saya mendapatkan informasi dari beberapa sumber, Presiden sudah ada nama di saku beliau dan akan dilakukan pelantikan. Memang masyarakat bertanya-tanya mengapa terjadi penundaan pengumuman dan pelantikan oleh Pak Jokowi," kata Guspardi saat dihubungi, Kamis (10/3/2022).

 

Kepala otorita IKN akan diberikan tanggung jawab yang anggarannya dahsyat. Tahap pertama aja Rp466 triliun, jangka panjang lebih Rp1000 triliun. Apa lagi sorotan masyarakat soal IKN kan juga debatable.

Soal kriteria, Guspardi berharap Kepala Otorita dari kalangan profesional dan tidak terafiliasi pada salah satu parpol. Memiliki kualitas moral, kapasitas, kapabilitas, dan independen.

Sebab, apabila dibandingkan dengan jabatan menteri, tugas Kepala Otorita akan lebih berat. "Mulai dari segi anggaran, belum lagi tekanan dari masyarakat yang akan terus memantau perkembangan IKN," ujar politisi PAN ini.

Legislator asal Sumatera Barat itu menyoroti bahwa salah satu sosok yang santer disebut sebagai calon kuat Kepala Otorita IKN yakni eks Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono.

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar