ADVERTISEMENT

Pandeglang Kembali Diguncang Gempa, Kali Ini 4.9 Magnitudo

Sabtu, 5 Maret 2022 11:18 WIB

Share
Tangkapan layar informasi gempa humi BMKG (ist)
Tangkapan layar informasi gempa humi BMKG (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pandeglang Kembali Diguncang Gempa, Kali Ini 4,9 Magnitudo

 

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Wilayah Kabupaten Pandeglang kembali lagi diguncang genpa bumi tektonik. Gempa yang terjadi pada Jum'at (4/3/2022) sekora pukul 20.14 WIB itu berkekuatan 4,9 Magnitudo.

Berdasarlan rilis dari BMKG, gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Pandeglang dan sekitarnya itu terletak pada koordinat 7.06 LS dan 105.38 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 49 km BaratDaya SUMUR-BANTEN pada kedalaman 13 kilometer. 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Pensesaran dalam lempeng Eurasia.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto mengatakan, dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Sumur, Cibaliung, Cimanggu, Panimbang, Cikuesik, Muarabinuangeun,  Jiput, Picung, dan Munjul dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Di Malimping, Panggarangan, dan Sajira dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

"Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," katanya saat dihubungi, Sabtu (5/3/2022).

Hingga pukul 20:59 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. 

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya.(Yusuf Permana)

ADVERTISEMENT

Editor: Tri Haryanti
Contributor: Yusuf Permana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT