ADVERTISEMENT

Motivasi Waida Bersaudara Berselancar Bersama di Olimpiade Paris 2024

Selasa, 1 Maret 2022 17:15 WIB

Share
Waida bersaudara, Rio Waida dan Ryuki Waida (foto: NOC Indonesia)
Waida bersaudara, Rio Waida dan Ryuki Waida (foto: NOC Indonesia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Waida bersaudara, Rio Waida (22) dan Ryuki Waida (19) merajut asa untuk menjadi peselancar ombak Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Ambisi itu sangat terbuka bagi Rio dan Ryuki di tengah meningkatnya pamor surfing saat ini. 

Setelah debut di Olimpiade 2020 Tokyo, Komite Olimpiade Internasional (IOC) resmi memasukkan surfing, sports climbing, dan breaking dalam daftar 28 sports program Olimpiade 2028 Los Angeles pada IOC Session ke-139.

Keputusan tersebut menjadi kabar gembira bagi Rio dan Ryuki yang tengah berlatih keras menuju Olimpiade 2024 Paris. 

Sebagai informasi, Asosiasi Surfing Internasional (ISA) menetapkan tuan rumah World Surfing Games 2023 El Savador sebagai event pembuka kualifikasi menuju Olimpiade Paris. Ajang ini menjadi pintu bagi Rio dan Ryuki untuk tampil bersama.

 

Rio sendiri sudah memiliki pengalaman tampil di panggung Olimpiade Tokyo 2020. Kendati saat itu ia dipaksa mengakui kehebatan Kanoa Iragashi pada babak 16 besar, Rio mengaku mendapat banyak pengalaman berharga dari penampilannya di Olimpiade.

“Saya belajar di Olimpiade, di mana saya berkesempatan bertanding dengan juara dunia. Saya bertukar pikiran dengan surfer dunia dan itu membuat saya tahu apa yang harus ditingkatkan, kebugaran, teknik, muscle, surfboard, termasuk pola makan. Saya sudah dewasa dan saya harus mengatur semuanya sendiri,”  kata Rio dalam keterangan resmi NOC Indonesia, Selasa (1/3/2022).

“Pengalaman itu membuat saya bersemangat menatap masa depan, terutama setelah melihat Greysia dan Apriyani merebut emas. Saya ingin tampil di Olimpiade 2024 Paris. Saya ingin merebut medali bagi Indonesia,” tambahnya.

Sementara Ryuki termotivasi dengan perjalanan karier sang kakak. Ia berkomitmen untuk berlatih ekstra keras agar bisa tampil di  panggung Olimpiade. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Hutomo Prayoga
Editor: Hutomo Prayoga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT