ADVERTISEMENT

IOC Minta Federasi Olahraga Larang Atlet Rusia Tampil di Ajang Internasional 

Selasa, 1 Maret 2022 14:54 WIB

Share
Logo Olimpiade (foto: twitter Olympic)
Logo Olimpiade (foto: twitter Olympic)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Komite Olimpiade Internasional (IOC) meminta kepada federasi olahraga internasional untuk tidak menyertakan atlet dari Rusia maupun Belarusia mengikuti ajang olahraga internasional.

Kabar tersebut telah diumumkan langsung oleh IOC melalui laman resminya pada Senin (28/2/2022) waktu setempat.

Dalam keterangan resminya itu, IOC menyebut langkah ini demi melindungi integritas ajang olahraga global dan keselamatan semua peserta.

"IOC EB merekomendasikan agar Federasi Olahraga Internasional dan penyelenggara acara olahraga tidak mengundang atau mengizinkan partisipasi atlet dan ofisial Rusia dan Belarusia dalam kompetisi internasional," tulis IOC.

 

Selain itu, IOC juga meminta para pihak penyelenggara olahraga untuk melarang atlet dari dua negara itu membawa nama Rusia atau Belarusia.

"Warga negara Rusia atau Belarusia, baik sebagai individu atau tim, harus diterima hanya sebagai atlet netral atau tim netral. Simbol, warna, bendera, atau lagu kebangsaan tidak boleh ditampilkan," tulis IOC.

Sementara itu FIFA dan UEFA juga memberi sanksi larangan bertanding untuk Timnas Rusia maupun klub-klub Rusia. Pernyataan ini diliris pada Selasa (1/3/2022) waktu setempat.

 

"FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim nasional ataupun klub, akan ditangguhkan dari partisipasi kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut," tulis pernyataan resmi dikutip dari situs FIFA.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Hutomo Prayoga
Editor: Hutomo Prayoga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT