ADVERTISEMENT

Fantastis! Nilai Pertumbuhan Ekspor Komponen Sepeda Tahun 2020 – 2021 ke Dunia hingga USD 1,12 Miliar 

Senin, 28 Februari 2022 19:37 WIB

Share
Wamendag Lepas Ekspor Produk Komponen Sepeda ke Singapura. (Ist)
Wamendag Lepas Ekspor Produk Komponen Sepeda ke Singapura. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BATAM. POSKOTA.CO.ID – Produk komponen sepeda dari PT. Shimano Batam baru saja dilepas oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga ke Singapura di Batam, Kepulauan Riau, pada Sabtu (26/2/2022) kemarin.
 
Meskipun pandemi Covid-19, ternyata tetap membuat permintaan sepeda di dalam dan luar negeri melonjak seiring meningkatnya minat masyarakat untuk bersepeda.
 
“Pelepasan ekspor produk komponen sepeda ini menunjukkan tren bersepeda tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di dunia,” ujar Wamendag Jerry dalam keterangan resminya.
 
“Tren ini tidak hanya memberikan dampak positif terhadap kesehatan masyarakat, tetapi juga membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia dalam mendorong ekspor komponen sepeda,” tambahnya.
 
Seperti diketahui,, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), tren ekspor komponen sepeda dari Indonesia ke dunia pada 2017-2021 mengalami tren positif sebesar 13,54 persen dengan nilai pertumbuhan ekspor 2020-2021 sebesar 62,55 persen dengan nilai USD 1,12 miliar.


Berdasarkan data Trademap, Singapura menjadi pasar utama tujuan ekspor produk komponen sepeda.
 
Selain itu, peluang pasar produk komponen sepeda Indonesia lainnya adalah pasar Amerika Serikat (AS) yang baru dimanfaatkan sebesar USD 16 juta dengan potensi yang belum dimanfaatkan sebesar USD 47 juta.
 
Selain pasar AS, Vitenam memiliki potensi yang belum dimanfaatkan sebesar USD 26 juta dan Jerman memiliki potensi yang belum dimanfaatkan sebesar USD 25 juta.
 
Wamendag juga menyampaikan, Kemendag berkomitmen untuk terus mendukung pelaku usaha, mendorong hilirisasi produk, serta peningkatan ekspor produk nonmigas ke pasar global.
 
Kemendag juga sangat mengapresiasi para pelaku industri di tanah air yang masih agresif menembus pasar ekspor di tengah pandemi Covid-19.
 
“Sebagai program peningkatan ekspor nasional, Pemerintah Indonesia, baik di pusat maupun di daerah, akan terus mendorong peningkatan nilai ekspor dari sektor industry,” jelasnya.
 
“Kemendag juga akan terus mendorong terciptanya nilai tambah produk ekspor Indonesia serta perluasan pasar ke negara-negara mitra,” pungkas Wamendag. (Iksan Muhammad)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT