ADVERTISEMENT

Wisata Religi Sajira Lebak Banten, Makam Keramat Prabu Dalem Wong Sagati Tak Pernah Sepi Diziarahi

Sabtu, 26 Februari 2022 08:15 WIB

Share
Makam Prabu Dalem Wong Sagati di Sajira, Lebak, Banten, tak pernah sepi diziarahi. (Foto: Poskota/ Yusuf Permana)
Makam Prabu Dalem Wong Sagati di Sajira, Lebak, Banten, tak pernah sepi diziarahi. (Foto: Poskota/ Yusuf Permana)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Wilayah Provinsi Banten banyak dikenal sebagai daerah segudang wisata baik panorama alam seperti pegunungan, pantai, air terjun maupun budayanya. Selain itu, Banten juga dikenal kental dengan wisata religinya. 

Banyak tempat-tempat keramat di wilayah Banten yang kini dijadikan sebagai tujuan wisata religi para pelancong dari luar Banten bahkan pulau Jawa.

Dari banyaknya tempat wisata religi di Banten, salah satunya ada di Kabupaten Lebak yakni Makam Keramat Wong Sagati. Makam tersebut berlokasi di Desa Sajira Timur, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak.

Makam itu dikeramatkan karena, informasi yang dihimpun makam tersebut merupakan tempat peristirahatan terakhir Prabu Dalem Wong Sagati. Ia dikenal sebagai  salah satu Prabu dari Kerajaan Padjajaran dan masih berkaitan erat dengan Prabu Siliwangi dan Prabu Kian Santang.

Oleh masyarakat sekitar Wong Sagati diketahui sebagai tokoh pejuang yang menyebarkan agama Islam di Kecamatan Sajira dan sekitarnya pada masa Kerajaan Padjajaran yakni Prabu Siliwangi. 

Salah satu kuncen di Makam Wong Sagati, H Dulatif mengatakan, Wong Sagati sangatlah erat dengan masyarakat Sajira. Pasalnya, Ia terkenal dengan keteguhan dan perjuangannya dalam menyiarkan ajaran-ajaran islam di Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak.

"Atas hal itu, makam Wong Sagati ini selalu ramai dikunjungi oleh orang-orang yang ingin ziarah. Bahkan menjadi tempat pertama yang dikunjungi jika ada tur ziarah di Banten," kata Dulatif saat ditemui, Sabtu (25/2/2022).

Dulatif menerangkan, makan keramat Wong Sagati sendiri sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Namun lebih jelasnya, tidak ada yang tahu kapan makam tersebut ada.

"Wongsagati sudah sejak lama dituakan dari segi usia makam, makanya selalu menjadi tujuan pertama ketika berniat tur ziarah ke seluruh Banten," katanya.

Dikatakanya, makam keramat ini sendiri selalu ramai setiap harinya dikunjungi oleh peziarah. Bahkan, di makam tersebut tidak menjadi tujuan ziarah musiman. Semua bulan selalu ramai, pun demikian saat memasuki dan selama Ramadan. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT