ADVERTISEMENT

Putin Janji Dukung Negara-Negara Proksi, Perang Rusia-Ukraina Menguat

Rabu, 23 Februari 2022 11:34 WIB

Share
Bendera Rusia. (Foto/Pixabay)
Bendera Rusia. (Foto/Pixabay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Rusia akan mendukung klaim teritorial negara-negara proksinya di Ukraina timur. Secara dramatis, hal ini meningkatkan kemungkinan perang yang lebih besar dalam waktu dekat.

Hal ini mengingatkan apa yang dikecam oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden sebagai upaya untuk mengukir "sebagian besar" negara itu.

“Siapa dalam nama Tuhan yang menurut Putin memberinya hak untuk mendeklarasikan apa yang disebut negara baru?," kata Biden dilansir dari The Guardian, Rabu (23/2/2022).

Biden mengatakan, pihaknya mengumumkan sanksi baru terhadap dua bank Rusia dan langkah-langkah untuk menghentikan Rusia meningkatkan modal di pasar Barat.

Dalam langkah dramatis Jerman menghentikan proses persetujuan untuk pipa gas Nord Stream 2 dari Rusia.

Sementara Uni Eropa dan Inggris mengumumkan sanksi terhadap Rusia. Mereka menunjukkan tekad Barat bersama dengan Menteri Luar Negeri Uni Eropa melarang perdagangan obligasi Rusia di pasar Eropa. 

Boris Johnson mengungkapkan paket pembekuan aset pada lima bank Rusia dan tiga individu dengan kekayaan bersih tinggi tetapi menghadapi kritik dari anggota parlemennya karena tidak melangkah lebih jauh. 

Inggris, AS, dan Uni Eropa memperjelas bahwa mereka siap untuk meningkatkan sanksi sejalan dengan tindakan Rusia.

Pada Selasa malam, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pertemuan dengan timpalannya dari Rusia, Sergei Lavrov, yang dijadwalkan pada Kamis tidak akan dilanjutkan.

“Sekarang kita melihat invasi dimulai dan Rusia telah memperjelas penolakannya terhadap diplomasi, tidak masuk akal untuk melanjutkan pertemuan itu saat ini,” katanya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT