DJKA Targetkan Perbaikan Drainase Underpass Makamhaji Sukoharjo Rampung Pada 27 Maret 2022

Rabu, 23 Februari 2022 01:13 WIB

Share
Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah (BTP Jabagteng) tengah melakukan perbaikan drainase Underpass Makamhaji di Kabupaten Sukoharjo. (Ist)
Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah (BTP Jabagteng) tengah melakukan perbaikan drainase Underpass Makamhaji di Kabupaten Sukoharjo. (Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) melalui Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah (BTP Jabagteng) tengah melakukan perbaikan drainase Underpass Makamhaji di Kabupaten Sukoharjo.

Kepala BTP Jabagteng, Putu Sumarjaya menyampaikan bahwa pihaknya terus mengupayakan penguatan struktur drainase Underpass Makamhaji guna mencegah kerusakan berulang. 

"Saluran drainase ini terletak di pertemuan turunan jalan dengan bidang jalan yang rata dan dilewati kendaraan yang tonasenya diatas kapasitas jalan kelas 3, sehingga menyebabkan kerusakan grill penutup saluran drainase," ungkap Putu, Selasa (22/2/2022).

Putu menyampaikan, perbaikan drainase Underpass Makamhaji ini dilakukan setelah sebelumnya dilaksanakan survey bersama dengan jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Sukoharjo dan Dinas PUPR Kabupaten Sukoharjo.

 

 Hasil dari survey tersebut, dipandang perlu dilakukan peningkatan struktur drainase dan perbaikan Underpass Makamhaji. Peningkatan struktur drainase dan perbaikan Underpass Makamhaji dilaksanakan dengan memasang U-ditch untuk mengganti grill secara permanen, pengaspalan ulang, dan perbaikan pompa.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BTP Jabagteng, Dwi Maryono turut menjelaskan bahwa kegiatan peningkatan struktur drainase dan perbaikan Underpass Makamhaji dilaksanakan mulai 14 Februari 2022 hingga 7 Maret 2022. 

"Proses pengerjaan perbaikan ini dibagi ke dalam empat tahap, tahap persiapan mulai 14-20 Februari 2022, pekerjaan pembongkaran dan pemasangan tanggal 21-27 Februari 2022, pengecoran dan pengaspalan Jalan tanggal 28 Februari hingga 6 Maret 2022, dan terakhir pembersihan pekerjaan yang dijadwalkan akan dilakukan pada tanggal 7 Maret 2022. Kami berharap Underpass ini dapat dioperasikan kembali pada tanggal 27 Maret 2022," jelas Dwi. (rizal)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar