ADVERTISEMENT

Asyiknya, Nonton Wayangan 

Rabu, 23 Februari 2022 08:10 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Setiap tokoh wayang memiliki karakter sendiri – sendiri. Ada karakter baik, sopan, sombong, urakan, serakah, mau menang sendiri dan tak mau mengalah  sekalipun harus menabrak aturan perundang – undangan. Sudah tahu salah, dilanggar. Yang benar disalahkan, yang salah dibenarkan dan dibela mati- matian.

Tokoh wayang dapat dikatakan sebagai gambaran konkret karakter manusia pada umumnya. Yang baik akan memperoleh kemuliaan, sedangkan yang buruk akan mendapatkan kesengsaraan di kemudian hari. Itulah ending setiap pertunjukan wayang kulit.

Maknanya, pertunjukan wayang berisi edukasi moral yang mengajarkan kebaikan, bukan keburukan. Tak ada cerita wayang yang memihak kepada keburukan. Setiap lakon akan mengedukasi bahwa kebaikan akan berakhir dengan kemenangan dan kebahagiaan, kesejahteraan. Sedangkan keburukan akan berakhir dengan kesengsaraan.

Menyikapi wayang yang belakangan ramai diperbincangkan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengunggah video yang diberi judul “Soal Wayang” dalam Instagram pribadinya. Ganjar mengatakan wayang adalah warisan budaya yang harus dipertahankan sampai kapanpun dari pihak – pihak yang ingin memusnahkannya.

"Jadi nek ana sing ngomong wayang kon ngobong ki ya hehe.. diajari wayangan sik (Jadi kalau ada yang bilang wayang suruh dibakar itu ya hehe.. diajari wayangan dulu," kata Ganjar.
Sopo sing arep diajari wayangan?  (jokles) 


 

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT