Kawula Muda Wajib Baca! Sinta Aulia Maulidia yang Viral Berpakaian Polisi, Idap Penyakit Ganas Ini: Banyak Ditemukan pada Usia Remaja

Selasa, 22 Februari 2022 11:21 WIB

Share
Konsultan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Prof. Dr. dr. Achmad Fauzi Kamal, Sp.OT(K)
Konsultan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Prof. Dr. dr. Achmad Fauzi Kamal, Sp.OT(K)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sinta Aulia Maulidia (10), bocah yang viral usai mengatakan ingin bertemu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dinyatakan menderita penyakit Osteosarcoma atau kanker tulang di bagian kaki.

Konsultan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Prof. Dr. dr. Achmad Fauzi Kamal, Sp.OT(K) menuturkan penyakit kanker ini paling banyak ditemukan pada usia remaja.

"Osteosarcoma adalah keganasan atau kanker tulang yang paling banyak yang ditemukan pada kaum remaja," ungkap Fauzi di Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, belum lama ini.

Penyakit ini tergolong berbahaya lantaran dalam waktu hitungan minggu dan bulan saja dapat menggerogoti tubuh sehingga mengakibatkan penderita kesakitan, anemia, hingga nafsu makan hilang.

Tim dokter gabungan yang menangani perawatan Sinta sendiri dalam waktu dekat bakal melakukan pemeriksaan CT Scan guna memastikan kanker tak menjalar ke bagian tubuh organ lain.

"Jadi kanker Osteosarcoma ini selain tumbuhnya cepat bisa merusak sampai atau seperti menghasilkan kerusakan yang nyata. Dampaknya menyebabkan anemia sedemikian berat," tuturnya.

Kata Fauzi, ketika dibawa ke RS Polri Kramat Jati pada Sabtu (19/2/2022), kondisi bocah yang berasal dari Desa Samaran, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah itu, sudah buruk.

Tumor pada bagian kaki kiri Sinta sudah membesar, sehingga tim dokter gabung terpaksa mengambil keputusan untuk mengamputasi tungkai guna mencegah penyebaran ke organ lain.

"Biasanya setelah dibuang (amputasi) itu keadaannya akan semakin membaik. Nafsu makannya akan muncul, enggak merasakan kesakitan. Ini kita berharap, ini harapan baik," terangnya

Dikabarkan sebelumnya, nama Sinta viral usai muncul video bocah perempuan berpakaian polisi yang menderita tumor ingin bertemu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar