Simak, Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri di Rumah, Pengganti Minyak Goreng yang Langka

Selasa, 22 Februari 2022 10:20 WIB

Share
Simak, Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri di Rumah, Pengganti Minyak Goreng yang Langka
Cara membuat minyak kelapa sendiri di rumah. (Foto/unsplash)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Polemik kelangkaan minyak goreng masih terjadi di beberapa wilayah. Tidak sedikit dari masyakarat yang masih mengeluh karena kesusahan mendapatkan minyak goreng di toko-toko modern. 

Padahal, subsidi yang dikeluarkan pemerintah tidaklah sedikit, sebanyak 3,6 triliun yang pemerintah capai untuk program minyak murah ini. Namun, kelangkaan minyak masih saja terjadi. 

Namun, di situasi yang saat ini sedang terjadi, masyarakat tidak perlu khawatir akan kelangkaan mendapatkan minyak goreng. Hal ini dikarenakan masyarakat masih bisa mendapatkan dengan mudah dengan cara membuat sendiri di rumah dan pastinya lebih menyehatkan. 

Masyarakat bisa memanfaatkan kelapa sebagai bahan baku pembuatan minyak goreng. Selain efektif untuk mengganti mendapatkan minyak goreng yang langka, tentunya membuat minyak kelapa lebih menyehatkan dan memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. 

Selain itu, proses pembuatan minyak kelapa juga tidaklah sulit. Jadi untuk masyarakat, khususnya ibu rumah tangga, membuat minyak kelapa bisa dilakukan dengan membuatnya di rumah. 

Terdapat dua cara dalam proses pembuatan minyak kelapa, yaitu:

1. Menggunakan metode fermentasi

Cara ini bisa dipilih untuk membuat minyak kelapa sendiri di rumah. Namun, menggunakan cara metode fermentasi ini dinilai kurang efektif jika ingin membuat minyak kelapa dalam jumlah yang banyak.

Cara pembuatan ini sangat efektif jika dibuat dalam jumlah yang sedikit dengan cara sebagai berikut.

-    Pilih kelapa dengan kualitas yang baik dan matang
-    Kupas kelapa, kemudian ambil dagingnya, lalu bersihkan sampai bersih
-    Parut kelapa dan campurkan dengan air. Kemudian peras parutan kelapa
-    Lalu, tuang air perasan kelapa ke dalam wadah atau botol
-    Diamkan dan simpan selama 24 jam di suhu ruangan 32 derajat celcius. (proses ini akan membuat air dan minyak terpisah)
-    Kemudian, jika air sudah terpisah dengan minyak, saring dan nantinya hanya minyak kelapa yang berwarna putih pucat yang tersisa. 

Halaman
1 2
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar