MANDALIKA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, membagi tips dan trik kepada para pelaku UMKM jika ingin usahanya berhasil.
Menurut Sandiaga, setidaknya ada tiga karakteristik pengusaha sukses yang perlu dimiliki dan ditanamkan oleh pelaku UMKM agar usahanya bisa berkembang.
Ketiga karakteristik tersebut antara lain, inovatif, take a risk atau berani mengambil risiko, dan proactivity atau bergerak.
Inovatif, sendiri maknanya selalu mencari perbaikan dan peningkatan dari kualitas produk yang dihasilkan.
Lalu, berani mengambil risiko, di masa pandemi masyarakat biasanya takut untuk menjalankan usaha, tapi seorang entrepreneur sejati harus berani mengambil risiko dalam situasi sesulit apapun.
Terakhir, proactivity (bergerak), untuk selalu berusaha mencari dan mengikuti berbagai program yang dihadirkan oleh pemerintah.
"Ketiga hal itu harus kita tanamkan dan terus kita kembangkan," ujarnya saat hadir dalam acara Bedah Desain Kemasan Kuliner Nusantara (BEDA’KAN), yang diselenggarakan di Hotel Raja Mandalika, Minggu (20/2/2022).
Selain ketiga karakter yang harus ditanamkan oleh pelaku ekonomi kreatif, dalam menghasilkan produk ekraf yang berdaya saing dan berkualitas yang perlu diperhatikan adalah dari segi kemasan.
Dikatakan Menparekraf, kemasan adalah queen, sedangkan isi dan rasa produk adalah king, jika keduanya dihadirkan dalam satu produk, maka akan menjadi kingdom yang kuat, dan akan berdampak pada peningkatan penghasilan dan juga terbukanya peluang usaha.
Oleh karena itu, program BEDA’KAN dihadirkan Kemenparekraf, agar pelaku ekonomi kreatif di NTB mampu menciptakan desain dan kemasan yang menarik sehingga bisa memberikan nilai tambah dan daya tarik terhadap produk di mata masyarakat.
Lihat juga video “Ahli Feng Shui Master Xiang Yi: Politik Tahun Ini akan Terjadi Ledakan Besar”. (youtube/poskota tv)
Kemasan produk kuliner juga harus memiliki nilai fungsi yang optimal serta sesuai dengan target pasar.