ADVERTISEMENT

Makam Embah Uyut Kranggan, Kraton Pasarean Selamairing yang Melegenda di Jatisampurna Bekasi

Minggu, 20 Februari 2022 08:23 WIB

Share
Keraton Pasarean Selamiring Embah Uyut Kranggan,
Keraton Pasarean Selamiring Embah Uyut Kranggan," yang terletak di jalan raya pasar Kranggan, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi. Sabtu (19/02/2022) pagi. (Ihsan Fahmi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BEKASI, POSKOTA.CO.ID - . Bekasi tak hanya di kenal sebagai kota Patriot dijaman penjajahan. Tapi juga terkenal dengan banyaknya tempat makam para leluhur yang sangat disegani oleh masyarakat setempat.

Tak jarang, masyarakat mendatangi makam leluhur, baik untuk berziarah ataupun melihat secara langsung tokoh keramat tersebut.

Kali ini, poskota.co.id. berhasil menyambangi salah satu makam keramat disalah satu daerah di Kota Bekasi, yaitu  "Kraton Pasarean Selamairing, Embah Uyut Kranggan," yang terletak di jalan raya pasar Kranggan, Kecamatan Jatisampurna..

Bagi para pelancong, makam Mbah Uyut Kranggan, lokasinya cukup jauh dari pusat kota Bekasi, yaitu dapat ditempuh dengan waktu hampir 45 menit dengan mengendarai motor.

Sementara, para pelancong tak perlu gusar, Ketika sampai di lokasi, makam Embah Uyut tersebut sangat sejuk, dan cukup luas untuk menampung banyak tamu. Pohon pohon rindang juga akan menenangkan setelah para pengunjung datang.

Menurut Juru Kunci atau biasa disebut kuncen, yaitu Pak Mis yang telah berusia lanjut (75). Makam Mbah Uyut Kranggan memang dikenal oleh masyarakat sekitar khusus nya Kecamatan Jatisampurna.

Keberadaan makam Embah Uyut Kranggan tersebut diungkapkannya telah berada ber abad abad lalu.

"Kalau masalah makam Kranggan mah kita juga gak ngalamin yak, cuma sejak berabad abad , Sejak orang tua kita gak tau lah , gak kenal rupa, udah lama, emang udah ada disitu, ya sekarang kita ikuti kata orang tua," ujar Pak Mis juru kunci makam embah Uyut Kranggan kepada Poskota, Sabtu (19/02/2022) pagi.

Pak Mis yang telah memegang juru kunci selama 40 tahun tersebut mengungkapkan, keberadaan makam embah Uyut sebagai nilai leluhur yang harus dijaga dan dirawat. Salah satu yang selalu dilaksanakan ialah hari sedekah bumi.

"Ya sekarang kita ikuti kata orang tua, dengan kini mengikuti apa yang ditutur orang tua dengan Lakukan sedekah bumi setiap bulan Hapid setelah hari raya idul Fitri, dengan selametan sedekah bumi," jelasnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Tri Haryanti
Contributor: Ihsan Fahmi
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT