ADVERTISEMENT

Tegang! Rusia Usir Pejabat Tinggi AS dari Moskow

Sabtu, 19 Februari 2022 11:09 WIB

Share
Bendera Rusia. (Foto/Pixabay)
Bendera Rusia. (Foto/Pixabay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

MOSKOW, POSKOTA.CO.ID – Pemerintah Rusia dilaporkan telah mengusir pejabat tinggi diplomatik Amerika Serikat (AS) dari Moskow. Pengusiran tersebut terjadi saat hubungan Rusia dan AS  memanas terkait isu invasi Ukraina.

Dilansir dari kantor berita Reuters, pada Sabtu, 19 Februari 2022, Kementerian Luar Negeri Rusia mengumumkan bahwa Bart Gorman, yang merupakan pejabat tinggi nomor dua AS di negara itu terpaksa meninggalkan Moskow guna merespons apa yang disebut 'pengusiran tidak beralasan' terhadap seorang pejabat senior Rusia oleh AS.

Sementara pemerintah AS menyebut langkah yang diambil Rusia itu 'tidak beralasan' dan memperingatkan akan membalasnya.

Rusia menuduh AS telah mengobarkan 'perang visa'. Gorman diketahui secara resmi menjabat sebagai Wakil Kepala Misi AS di Moskow.

Secara terpisah, seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS menyatakan Gorman sebenarnya telah meninggalkan Rusia sejak pekan lalu. Tidak diketahui secara jelas mengapa pengusirannya baru diumumkan oleh Rusia, pada Kamis (17/2) waktu setempat.

"Tindakan Rusia terhadap DCM (Wakil Kepala Misi) kami tidak beralasan dan kami menganggap ini sebagai langkah eskalasi dan tengah mempertimbangkan respons kami," ucap juru bicara Departemen Luar Negeri AS.

Pengusiran diplomat top AS ini dilakukan di tengah kebuntuan berbulan-bulan terkait pengerahan lebih dari 150.000 tentara Rusia ke dekat perbatasan Ukraina.

Sebelumnya, pada Kamis, 17 Februari 2022 , Presiden Joe Biden menyatakan ada setiap indikasi Rusia berencana menyerang Ukraina dalam beberapa hari ke depan dan tengah mempersiapkan dalih untuk membenarkan serangan itu.

 

Lihat juga video “Ahli Feng Shui Master Xiang Yi: Politik Tahun Ini akan Terjadi Ledakan Besar”. (youtube/poskota tv)

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT