Waspada! Cuaca Ekstrim Bakal Terjadi dalam Sepekan, BPBD DKI Antisipasi Kemungkinan Buruk Terjadi

Jumat, 18 Februari 2022 15:23 WIB

Share
Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji meminta masyarakat mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrim dalam sepekan ke depan hingga tanggal 23 Februari 2022. (foto: BPBD DKI Jakarta).
Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji meminta masyarakat mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrim dalam sepekan ke depan hingga tanggal 23 Februari 2022. (foto: BPBD DKI Jakarta).

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, meminta masyarakat mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrim dalam sepekan ke depan hingga tanggal 23 Februari 2022.

Cuaca ekstrim tersebut berpotensi adanya hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Untuk mengantisipasi adanya hal buruk terjadi, Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan para perangkat daerah.

"Dengan Adanya Ingub 59 tahun 2021 tentang antisipasi ancaman banjir dan angin kencang pada masa pandemi Covid-19 yang diinisiasi oleh BPBD, sejak bulan desember 2021 para perangkat daerah telah melakukan beberapa kegiatan antisipasi sesuai dengan tupoksi masing-masing," kata Isnawa saat dihubungi, Jumat (18/2/2022).

Bila terjadi banjir, BPBD DKI juga telah siap melakukan pendistribusian sarana dan prasarana penanganan seperti perahu, ringbouys, dan jaket pelampung.

Terkait dengan penyediaan logistik untuk kebutuhan pengungsi bakal dikoordinasikan dengan para Walikota dan Bupati wilayah administrasi DKI Jakarta.

"Kemudian melakukan peringatan dini melalui SMS blast ataupun DWS bila terjadi siaga 3,2 dan 1 kepada masyarakat dan aparat di daerah-daerah yang mungkin terdampak," sambung Isnawa.

Masyarakat juga diminta untuk segera melaporkan bila terjadi banjir atau kejadian darurat lainnya melalui panggilan bebas pulsa ke nomor telepon 112 yang selalu siaga 24 jam. (yono)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar