Cara kerja rem cakram hidrolik diambil dari hukum pascal yang artinya ada tekanan yang diberikan kepada cairan untuk menghasilkan suatu tekanan.
Dalam hal ini, cairan atau fluida yang diberikan tekanan dapat berfungsi sebagai sistem pengereman dalam mobil.
Rem cakram hidrolik paling sering digunakan dalam kendaraan bermobil.
Hal ini dikarenakan rem cakram hidrolik dapat menghasilkan daya pengereman yang lebih kuat dibandingkan dengan rem cakram mekanis.
2. Kaliper Rem (Caliper)
Tipe rem cakram juga dapat dilihat dari kalipernya.
Apa itu kaliper? Singkatnya, kaliper adalah sebuah komponen yang terdapat di dalam rem cakram mobil yang berfungsi untuk menjepit kampas rem pada pinggiran cakram.
Dalam tipe ini, terdapat dua jenis rem cakram yaitu fixed caliper dan floating caliper.
Fixed caliper merupakan rem cakram dengan kaliper yang tetap.
Maksud dari kaliper yang tetap ini adalah posisinya tidak akan berubah meskipun terjadi perubahan gaya (pengereman).
Selanjutnya untuk floating caliper, rem cakram ini memiliki kaliper yang mengambang.
Oleh karena posisinya yang mengambang, kaliper ini dapat bergerak ke kanan ataupun ke kiri sesuai dengan tekanan yang dihasilkan ketika pedal rem diinjak.