FIFA Beri Sanksi Denda dan Laga Ulang Brazil dan Argentina Gegara Kasus Prokes Saat Laga Kualifikasi Piala Dunia 2024

Rabu, 16 Februari 2022 02:45 WIB

Share
Timnas Brazil dan Argentina saat laga 5 September 2021, dan kemudian dibubarkan. (foto: FIFA)
Timnas Brazil dan Argentina saat laga 5 September 2021, dan kemudian dibubarkan. (foto: FIFA)

SWISS - Komite Disiplin FIFA telah mengambil keputusan sehubungan dengan pertandingan Brasil vs Argentina yang ditinggalkan atau dibubarkan dalam kompetisi penyisihan untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022, yakni pada 5 September 2021, di Sao Paulo’s Neo Quimica Arena.

(Pertandingan saat itu dibubarkan pihak keamanan dan pihak otoritas kesehatan, karena ada pemain yang melanggar protokol kesehatan, yakni beberapa pemain Argentina yang bermain di Inggris, saat pulang memperkuat Timnas, disebut tidak memenuhi prokes).

Dikutip dari laman FIFA.com, Senin (14/2/2022), setelah penyelidikan menyeluruh dari berbagai elemen faktual dan mengingat peraturan yang berlaku, Komite Disiplin FIFA telah memutuskan bahwa pertandingan harus diputar ulang pada tanggal dan lokasi yang akan ditentukan oleh FIFA.

Selain itu, Komite Disiplin FIFA telah menyimpulkan bahwa pengabaian pertandingan berasal dari beberapa kekurangan pihak-pihak yang terlibat terhadap tanggung jawab dan/atau kewajiban masing-masing sehubungan dengan yang pertama. Dengan demikian, Komite Disiplin FIFA juga telah memutuskan:

1. Memerintahkan Asosiasi Sepak Bola Brasil untuk membayar denda sebesar CHF 500.000 ( 550.000 franc Swiss atau sekitar $600.000) sehubungan dengan pelanggaran yang berkaitan dengan ketertiban dan keamanan;

2. Memerintahkan Asosiasi Sepak Bola Argentina untuk membayar denda sebesar CHF 200.000 ( 250.000 franc Swiss atau $ 270.000) sehubungan dengan kegagalannya untuk memenuhi kewajibannya terkait dengan ketertiban dan keamanan, persiapan dan partisipasinya dalam pertandingan;

3. Memerintahkan Asosiasi Sepak Bola Brasil dan Asosiasi Sepak Bola Argentina untuk masing-masing membayar denda sebesar CHF 50.000 sebagai akibat dari pembatalan pertandingan;

4. Untuk menangguhkan pemain Argentina Emiliano Buendía, Emiliano Martínez, Giovani Lo Celso dan Cristian Romero masing-masing untuk dua (2) pertandingan karena tidak mematuhi Protokol Pertandingan Internasional Kembali ke Sepak Bola FIFA.

 

Keputusan Komite Disiplin FIFA telah diberitahukan hari ini kepada pihak-pihak terkait.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar