214 Rumah di Lebak Rusak Akibat Gempa 6,6 Magnitudo, Bantuannya Tunggu Validasi Kerusakan di Pandeglang

Rabu, 16 Februari 2022 05:31 WIB

Share
Rumah warga Lebak rusak akibat gempa 6,6 Magnitudo. (foto: yusuf)
Rumah warga Lebak rusak akibat gempa 6,6 Magnitudo. (foto: yusuf)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mencatat ada 214 rumah di Kabupaten Lebak, Banten, rusak akibat guncangan gempa bumi 6,6 Magnitudo yang berpusat di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang pada 14 Januari 2022 lalu.

Ratusan rumah yang mengalami rusak ringan, sedang, hingga berat itu telah diajukan oleh BPBD kepada Pemerintah Provinsi Banten untuk mendapatkan bantuan.

Namun ternyata, bantuan itu tidak dapat langsung cair, karena Pemerintah Provinsi Banten sendiri masih menunggu hasil verifikasi data kerusakan di Kabupaten Pandeglang.

“Rencana usulan bantuan dari provinsi sudah kita ajukan, sekarang masih tunggu hasil verifikasi Pandeglang,” kata Kepala BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama saat dihubungi, Selasa (15/2/2022).

Febby menyampaikan, sebelumnya pihaknya mencatat ada 340 bangunan rumah yang dilaporkan rusak akibat gempa yang berpusat di Sumur, Pandeglang itu. Dan setelah dilakukan verifikasi dan validasi, dari 340 rumah itu, sekitar 214 unit rumah yang memenuhi kriteria kerusakan.

“Informasinya, perbaikan kerusakan berat oleh pusat, dan yang sedang oleh provinsi. Tetapi untuk yang rusak ringan masih dipikirkan apakah oleh kabupaten atau diusulkan ke pusat,” tutur Febby.

 

Lihat juga video “Puluhan Tahun Berdiri, Pabrik Tahu di Palmerah Jakbar Tutup Karena Pandemi”. (youtube/poskota tv)

 

Sementara untuk kerusakan bangunan pendidikan dan fasilitas ibadah akan diusulkan ke kementerian terkait.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar