Upaya Pemkot Bogor Memakmurkan Masjid, Wakil Wali Kota Ajak Pimpinan OPD Kota Bogor Ikut Terlibat Marbot Mart

Selasa, 15 Februari 2022 21:08 WIB

Share
Marbot Mart merupakan upaya Pemkot Bogor dan Polresta Bogor dalam memakmurkan masjid. (ist)
Marbot Mart merupakan upaya Pemkot Bogor dan Polresta Bogor dalam memakmurkan masjid. (ist)

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bekerjasama dengan Polresta Bogor Kota berupaya untuk mensejahterakan marbot atau pengurus masjid yang ada di Kota Bogor.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menyambut program yang digagas Polresta Bogor Kota dalam memberdayakan marbot di Kota Bogor, yakni dengan memberikan marbot mart."Kita sambut baik langkah kepedulian beliau (Kapolresta Bogor Kota) dalam mengupayakan peningkatan kesejahteraan marbot serta dalam rangka memakmurkan masjid," ungkap Dedie, Minggu (13/2/2022) lalu.

Karenanya, program marbot menjadi angin segar untuk mendapatkan tambahan pendapatan, di tengah pandemi Covid-19. "Saat ini trigger-nya sudah menyentuh belasan titik dan sudah diikuti oleh Sekda di 2 titik," kata Dedie.

Untuk itu, sambung Dedie mengajak siapapun yang peduli dalam program Marbot Mart termasuk pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) agar turut berkontribusi. 

Apalagi, dengan jumlah marbot di Kota Bogor yang jumlahnya cukup banyak, Dedie meminta semua komponen terlibat. "(Secara Keseluruhan) jumlah Masjid dan Mushola di Kota Bogor hampir mencapai 1.500 buah. (Tapi) yang sudah terdaftar di DMI (Dewan Masjid Indonesia) ada 800an masjid," ucapnya. 

Meski demikian, secara umum Pemkot Bogor sebenarnya sudah memberikan perhatian melalui program insentif. "(Untuk program Pemkot) insentif guru ngaji yang rutin disampaikan menyentuh juga sebagian marbot," tukasnya. Hingga kini program Marbot Mart sudah menyentuh angka ke-16 untuk dikelola Marbot Masjid.

Fasilitas Marbot Mart semakin lengkap, selain sudah disediakan kopi, beras, mie, telor, dan lainnya, marbot mart juga sudah dilengkapi dengan fasilitas wastafel, kompor, rice cooker dan tempat sampah. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengatakan, semua keuntungan Marbot Mart sepenuhnya akan dikelola DKM Masjid dan Marbot. "Ini merupakan program Polresta Bogor Kota bersama Pemkot Bogor, tujuannya supaya marbot di setiap masjid bisa berdaya, setelah menyelesaikan tugasnya membersihkan Masjid, mempunyai penghasilan tambahan," ujar Syarifah. 

Sekda mengatakan, selama ini penghasilan marbot hanya berasal dari pembagian keropak Masjid yang dikelola DKM. Menurutnya Marbot Mart kali ini sudah jauh lebih lengkap dan nyaman. Ia pun hanya menitipkan agar Marbot Mart bisa dipelihara seperti halnya Marbot memelihara kebersihan Masjid. Mengingat hadirnya Marbot Mart sebagai lahan mendapatkan penghasilan tambahan.

"Kami titip agar ini berkelanjutan, marbot bisa lebih kreatif untuk menghidupkan marbot mart.  Keberlangsungannya dijaga sampai seterusnya untuk ekonomi marbot juga," imbuhnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar