ADVERTISEMENT

Kadinkes Kota Tangerang: Berisiko Rendah Bukan Berarti Tidak Berisiko, Mereka Bisa Menjadi Carrier Penular Covid-19

Jumat, 11 Februari 2022 18:54 WIB

Share
dr Dini Anggraini Plt Kadinkes Kota Tangerang. (muhammad iqbal)
dr Dini Anggraini Plt Kadinkes Kota Tangerang. (muhammad iqbal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Terus merebaknya Covid-19 kerap dianggap memiliki gejala yang ringan dan tidak perlu penanganan lebih di rumah sakit jika tertular.

Namun, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni menegaskan masyarakat Kota Tangerang tak boleh menganggap enteng dampaknya bagi kelompok tertentu.

Kadinkes Kota Tangerang menjelaskan, berisko rendah bukan berarti tidak berisiko. Orang berisiko rendah bisa jadi telah terkena Covid-19, namun tidak terasa, dan dia berisiko menjadi carrier (pembawa) yang bisa sebagai penular Covid-19.

“Kementrian Kesehatan (Kemenkes) telah menyatakan satu dari tiga orang terinfeksi virus covid-19, tidak mengalami gejala dan tanpa mereka sadari bisa menyebarkan virus kepada orang lain, atau telah menjadi carrier,” ungkap dr Dini, Jumat (11/2/2022).

 

Lanjutnya, virus corona tidak memilih kepada siapa akan menularkannya. Tidak ada kelompok yang kebal, semua memiliki risiko yang sama untuk terinfeksi covid-19. Pembedanya ialah derajat sakitnya, hal ini tergantung atas respons tubuh saat terserang covid-19.

Dengan itu, kata dr Dini walaupun tubuh tetap atau dirasa sehat, bukan berarti tidak membawa virus.

“Bisa jadi, anda yang sehat, namun sedang atau sudah menjadi carrier yang bisa membahayakan orang sekitar, terutama mereka kelompok rentan dan berisiko tinggi saat terpapar covid-19. Seperti lansia, pengidap komorbid hingga anak-anak yang berpotensi dampaknya hingga kematian,” tegasnya.

Sementara itu, dr Dini pun mengimbau supaya tetap aman dan sehat, kuncinya adalah selalu hati-hati dan waspada. Masyarakat Kota Tangerang untuk selalu membekali perlindungan diri dengan selalu memakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, dan kurangi mobilitas di luar rumah.

 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT